EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Betti S Cahyani, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengevaluasi  pelaksanaan  kebijakan  Pelayanan  Administrasi Terpadu  Kecamatan  (PATEN)  di  Kecamatan  Depok  Kabupaten  Sleman.  Hasil  dari  penelitian  ini  dapat digunakan sebagai saran perbaikan bagi Kecamatan Depok. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dilihat dari empat indikator. Yang pertama evaluasi dilihat dari  input  sumber  daya  sarana  prasarana  belum  terpenuhi  serta  kurangnya  sumber  daya  manusia.  Yang kedua  evaluasi  dilihat  dari  process  menunjukkan  beberapa  jenis  pelayanan  belum  berjalan  sesuai  SOP sehingga  belum  efektif.  Yang  ketiga  evaluasi  dilihat  dari  output  kebijakan  ini  menghasilkan  26  jenis pelayanan.  Dan  yang  keempat  evaluasi  dilihat  dari  outcome  adalah  kemudahan  akses  pelayanan  bagi masyarakat  namun  terjadi ketidakseimbangan  antara beban  kerja  dengan sumber  daya  manusia. Temuan penelitian  menunjukkan  bahwa  pelaksanaan  kebijakan  PATEN  di Kecamatan  Depok  secara  keseluruhan sudah baik, namun beberapa pelayanan belum mencapai tujuan.

Kata Kunci: Evaluasi kebijakan, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan 


Full Text:

PDF

References


Dwiyanto Agus, dkk. (2008). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurcholis, Hanif. (2007). Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta: Grasindo.

Singarimbun, M., & Effendi S. (2008). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Stufflebeam, Daniel L., & Shinkfield, Anthony J. (2007), Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: A Wiley Imprint.

Tayibnapis, Farida. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta. Rineka Cipta.

Widoyoko, Eko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan, (2012). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi, Jakarta: Rajawali Pers.

Ngaini Rochmah. (2016). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, Dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Muryadi, Agustanico, D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, ISSN, Volume.3 No.1

Stephani Nora Tahalea, Sri Suwitri, Dewi Rostyaningsih. (2015). Evaluasi Dampak Kebijakan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, Volume 4, No. 3

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 238 – 270 tentang Petunjuk Teknis Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Peraturan Bupati Nomor 13 tahun 2014 tentang Pedoman Pelimpahan Kewenangan Bupati Kepada Camat




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress