INOVASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI LAYANAN SAMSAT DESA PAKEMBINANGUN KABUPATEN SLEMAN

Ari F Putra, Utami Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), faktor  pendukung  dan  penghambat  pada  layanan  Samsat  Desa  Pakembinangun,  serta  capaian  dalam pendapatan  daerah.  Desain  penelitian  ini  adalah  deskriptif  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa  inovasi  Samsat  Desa  Pakembinangun  dengan  kriteria  pengukuran  inovasi  pelayanan  publik yaitu  dari  indikator  kebaruan  menunjukkan  masyarakat  desa  sebagai  sasaran  baru  dalam  layanan kesamsatan,  indikator  kemanfaatan  menunjukan  dapat  membantu  masyarakat  dan  pemerintah  dalam pelayanan  PKB,  indikator  memberi  solusi  menunjukan  masalah  pada  layanan  kesamsatan  dapat teratasi,  indikator  dapat  direplikasikan  menunjukan  inovasi  tersebut  dapat  diterapkan  di  daerah  lain, indikator  kompatibilitas  menunjukan  adanya  kerjasama  dan  keterlibatan  antar  instansi.  Salah  satu faktor  pendukungnya  yaitu    lokasi  pelayanan  yang  dekat  dengan  masyarakat  desa.  Sedangkan  salah satu  faktor  penghambatnya  yaitu  keterbatasan  ruang.  Capaian  dari  inovasi  Samsat  Desa Pakembinangun  yaitu  meskipun  belum  dapat  membantu  dalam  meningkatkan  pendapatan  daerah, tetapi  sudah  meningkatkan  kualitas  pelayanan  publik  dengan  berkurangnya  antrian  panjang  dan praktik percaloan.

Kata kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Samsat Desa


Full Text:

PDF

References


Daerah Istimewa Yogyakarta. (2011). Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta No. 3 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah.

Dhewanto, Wawan, dkk. (2014). Manajemen Inovasi : Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta : Andi Offset.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.

Muluk, Khairul. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Malang: Bayumedia.

Nugroho, Tomy Cahyo. (2007). Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kota Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Persada, Razaki. (2011). Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Batam. Skripsi. Batam: Universitas Internasional Batam.

Ratminto. (2010). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. (2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5, Tahun 2015, tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kendaraan Bermotor.

Saidi, Djafar. (2011). Pembaruan Hukum Pajak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Panelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta : STIA-LAN.

Wibawa, Samodra. (2005). Reformasi Administrasi : Bunga Rampai Pemikiran Administrasi Negara/Publik. Yogyakarta : Gava Media.

https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/vi ew/id/1133. Diakses pada 15 September 2018.

https://regional.kontan.co.id/news/realisasi- setoran-pajak-di-diy-2016-lebihi-target. Diakses pada 8 November 2018. http://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-3477960/pertama-di- indonesia-5-samsat-desa-beroperasi- di-yogyakarta. DIakses pada 8 November 201

http://dppka.jogjaprov.go.id/jumlah- kendaraan-bermotor-diy-2010- sd2016.html. Diakses pada 15 September 2018.

https://www.jogjaprov.go.id/berita/detail/la yanan-e-posti-dan-samsat-desa-raih- penghargaan-nasional. DIakses pada 8 November 2018.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress