INOVASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI LAYANAN SAMSAT DESA PAKEMBINANGUN KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), faktor pendukung dan penghambat pada layanan Samsat Desa Pakembinangun, serta capaian dalam pendapatan daerah. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Samsat Desa Pakembinangun dengan kriteria pengukuran inovasi pelayanan publik yaitu dari indikator kebaruan menunjukkan masyarakat desa sebagai sasaran baru dalam layanan kesamsatan, indikator kemanfaatan menunjukan dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam pelayanan PKB, indikator memberi solusi menunjukan masalah pada layanan kesamsatan dapat teratasi, indikator dapat direplikasikan menunjukan inovasi tersebut dapat diterapkan di daerah lain, indikator kompatibilitas menunjukan adanya kerjasama dan keterlibatan antar instansi. Salah satu faktor pendukungnya yaitu lokasi pelayanan yang dekat dengan masyarakat desa. Sedangkan salah satu faktor penghambatnya yaitu keterbatasan ruang. Capaian dari inovasi Samsat Desa Pakembinangun yaitu meskipun belum dapat membantu dalam meningkatkan pendapatan daerah, tetapi sudah meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan berkurangnya antrian panjang dan praktik percaloan.
Kata kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Samsat Desa
Full Text:
PDFReferences
Daerah Istimewa Yogyakarta. (2011). Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta No. 3 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah.
Dhewanto, Wawan, dkk. (2014). Manajemen Inovasi : Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta : Andi Offset.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.
Muluk, Khairul. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Malang: Bayumedia.
Nugroho, Tomy Cahyo. (2007). Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kota Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Persada, Razaki. (2011). Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Batam. Skripsi. Batam: Universitas Internasional Batam.
Ratminto. (2010). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Republik Indonesia. (2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5, Tahun 2015, tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kendaraan Bermotor.
Saidi, Djafar. (2011). Pembaruan Hukum Pajak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2011). Metode Panelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta : STIA-LAN.
Wibawa, Samodra. (2005). Reformasi Administrasi : Bunga Rampai Pemikiran Administrasi Negara/Publik. Yogyakarta : Gava Media.
https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/vi ew/id/1133. Diakses pada 15 September 2018.
https://regional.kontan.co.id/news/realisasi- setoran-pajak-di-diy-2016-lebihi-target. Diakses pada 8 November 2018. http://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-3477960/pertama-di- indonesia-5-samsat-desa-beroperasi- di-yogyakarta. DIakses pada 8 November 201
http://dppka.jogjaprov.go.id/jumlah- kendaraan-bermotor-diy-2010- sd2016.html. Diakses pada 15 September 2018.
https://www.jogjaprov.go.id/berita/detail/la yanan-e-posti-dan-samsat-desa-raih- penghargaan-nasional. DIakses pada 8 November 2018.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress