ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI PELAYANAN PUBLIK LAPOR SLEMAN

Afni Syafaatun, Utami Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan e-government melalui aplikasi Lapor Sleman  serta  mengidentifikasi  faktor  pendukung  dan  penghambat  dalam  penerapannya.  Desain penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif  dengan  pendekatan  deskriptif.  Informan  penelitian  ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam penerapan aplikasi Lapor Sleman. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak  sebagai  instrumen  penelitian.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  observasi, wawancara,  dan  dokumentasi.  Teknik  pemeriksaan  keabsahan  data  dilakukan  dengan  triangulasi sumber.  Teknik  analisis  data  dilakukan  dengan  pengumpulan  data,  reduksi  data,  penyajian  data,  dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi pelayanan publik Lapor Sleman  sudah  berhasil  diterapkan  dengan  baik.  Faktor  pendukung  penerapan  aplikasi  Lapor  Sleman meliputi hubungan kooperatif antar tim pengelola pengaduan, kondisi sumber daya manusia masyarakat Kabupaten  Sleman  yang  lebih  memahami  teknologi  komunikasi  dan  informasi,  serta  kelengkapan sarana  pendukung  penanganan  pengaduan.  Sedangkan  faktor  penghambat  penerapan  aplikasi  Lapor Sleman  meliputi  keterbatasan  anggaran  dan  sumber  daya  manusia,  permasalahan  koordinasi, permasalahan  teknis,  sosialisasi,  serta  tugas  admin  aplikasi  Lapor  Sleman  hanya  menjadi  tugas tambahan. 

Kata kunci : e-government, pelayanan publik, aplikasi Lapor Sleman


Full Text:

PDF

References


Hardiyansyah.(2011).Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Indrajit, Richardus Eko.(2002). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta:Penerbit Andi

Khalil,Mohsen A, Bruno D.Lanvin. Vivek Chaudhdry. (2002). The E-Government Handbook for Developing Countries. The World Bank: infoDev Program Manager.

Ratminto dan Atik. (2005). Manajemen Pelayanan disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

https://kominfo.slemankab.go.id/aduan- peluang-tingkatkan-mutu-layanan/ diakses pada 2 Juni 2018 pukul 14:27 WIB

web base Aplikasi Lapor Sleman https://lapor.slemankab.go.id diakses pada 27 Juni 2018




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress