ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI PELAYANAN PUBLIK LAPOR SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan e-government melalui aplikasi Lapor Sleman serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam penerapan aplikasi Lapor Sleman. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi pelayanan publik Lapor Sleman sudah berhasil diterapkan dengan baik. Faktor pendukung penerapan aplikasi Lapor Sleman meliputi hubungan kooperatif antar tim pengelola pengaduan, kondisi sumber daya manusia masyarakat Kabupaten Sleman yang lebih memahami teknologi komunikasi dan informasi, serta kelengkapan sarana pendukung penanganan pengaduan. Sedangkan faktor penghambat penerapan aplikasi Lapor Sleman meliputi keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia, permasalahan koordinasi, permasalahan teknis, sosialisasi, serta tugas admin aplikasi Lapor Sleman hanya menjadi tugas tambahan.
Kata kunci : e-government, pelayanan publik, aplikasi Lapor Sleman
Full Text:
PDFReferences
Hardiyansyah.(2011).Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Indrajit, Richardus Eko.(2002). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta:Penerbit Andi
Khalil,Mohsen A, Bruno D.Lanvin. Vivek Chaudhdry. (2002). The E-Government Handbook for Developing Countries. The World Bank: infoDev Program Manager.
Ratminto dan Atik. (2005). Manajemen Pelayanan disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
https://kominfo.slemankab.go.id/aduan- peluang-tingkatkan-mutu-layanan/ diakses pada 2 Juni 2018 pukul 14:27 WIB
web base Aplikasi Lapor Sleman https://lapor.slemankab.go.id diakses pada 27 Juni 2018
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress