PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (SANIMAS) DI DESA SUKOHARJO KECAMATAN NGAGLIK, SLEMAN

Abri Kurniadi, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam program SANIMAS serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian  ini  penting  untuk  dilakukan  karena  dengan  adanya  partisipasi  masyarakat  menjadikan lingkungan  bersih  dari  air  limbah  rumah  tangga.  Desain  penelitian  yang  di  pakai  adalah  metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini dianggap mampu menjelaskan penelitian ini secara mendalam. Partisipasi masyarakat tergolong tinggi dilihat dari jenis-jenis partisipasi menurut Keith  Davis  berupa  partisipasi  pikiran,  tenaga,  keahlian,  barang,  dan  uang  terdapat  pada  program SANIMAS.  Adapun  faktor  pendukung  yang  ditemukan  adalah  nilai  sosial  masyarakat  yang  masih terjaga,  dan  kesadaran  terhadap  kualitas  kesehatan  lingkungan.  Sedangkan  faktor  penghambat  yang muncul adalah keterbatasan anggaran. 

Kata kunci: Partisipasi masyarakat, SANIMAS, Kabupaten Sleman. 


Full Text:

PDF

References


Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kelompok Kerja Sanitasi Kabupaten Sleman. (2010). Buku Putih

Sanitasi Kawasan Perkotaan. Yogyakarta: Bappeda Kabupaten Sleman.

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ngudi Mulyo. (2015). Rencana Pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS). Yogyakarta: Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sleman.

Mardikanto, Totok. (2012). Pemberdayaan Masyarakat dalam Prespektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfa Beta.

Moeleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Oakley, Peter. (1991). Project with People the Practice of Participation in Rulal Development. General: International Labour Office

Peraturan Daerah Kabupaten SlemanN omor 2 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.

Risyana, Sukarma. (2005). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Sanitasi di Beberapa Kota di Jawa timur dan Bali. Semarang: Prosiding Seminar First Participatory Planning and Development Conference

Rosida, Isma dan Fredian Tomy Nasdian. (2011). Partisipasi Masyarakat dan Stakeholder dalam Penyelenggaraan ProgramCorporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya terhadap Komunitas Perdesaan. IPB.

Sastropeotro, Santoso. (1988). Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti. (2003). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan secara Kelompok. Jurnal Tata Loka. Semarang: Planologi UNDIP.

Suparjan dan Hempri Suyatno. (2003). Pengembangan Masyarakat dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan. Yogyakarta: Aditya Media.

Supriatna, Tjahya. (2000). Strategi Pembangunan dan Kemiskinan. Jakarta: Rineke Cipta.

Susantyo, Badrun. 2007. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Pedesaan. Jurnal Informasi Vol. 12, No 03.

Suwignyo.(2009). Partisipasi Masyarakat dalam Pemanfaatan dan Pengendalian Ruang di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Semarang : UNDIP




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress