PEMENUHAN AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS MELALUI TRANSPORTASI PUBLIK (STUDI KASUS PT KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASI VI YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemenuhan aksesibilitas penyandang disabilitas, hambatan dan upaya PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI Yogyakarta dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Pengumpulan data berasal dari hasil wawancara dengan subjek penelitian, observasi serta dokumentasi.Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang dianalisis menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Kereta Api Indonesia sudah memahami kebutuhan para penyandang disabilitas, walaupun masih terdapat beberapa hambatan, diantaranya koordinasi yang kurang baik antara pusat dan DAOP serta keterbatasan informasi dan regulasi mengenai penyandang disabilitas.
Kata Kunci: Aksesibilitas, Penyandang Disabilitas, Transportasi Publik, PT. Kereta Api Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. Jumlah Penumapng Kereta Api . 2018 pada tanggal 20 Maret 2018 dari https://www.bps.go.id/link TableDinamis/view/id/815
Bath. et.al. (2000). Accessibility Measures: Fornulation Considerations andCurrent Applications.The University of Texas Austin.
Bintarto. (1989). Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya. Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.
Departmen of Justice, American with Disability Act (ADA)standard for AccessibleDesign, 2010, padatanggal 20 Februari 2018 dari https://www.ada.gov/reg s2010/2010ADAStandar ds/2010ADAstandards.ht m
Elfarischa P, Deasy. (2013). Perkembangan Kualitas Pelayanan Perkeretaapian Sebagai Angkutan Publik dalam Rangka Mewujudkan Sistem TransportasiBerkelanjutan (Studi pada PT. Kereta Api Daerah Oprasi VIII Surabaya). Skripsi Sarjana. Malang. Universitas Brawijaya Malang.
Firdaus, Ferry & Iswahyudi, F. (2008). Aksesibilitas Dalam Pelayanan Publik Untuk Masyarakat Dengan Kebutuhan Khusus,Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Pelayanan Lembaga Administrasi Negara.
Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) Nomor 30 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2009 tentang Perkeretaapian
Rahayu, S, Dewi, U &Adhiyana,M, (2013).Pelayanan Publik Bidang Trasnportasi Bagi Penyandang disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta, September.
Slamet, Thohari. (2014). Pandangan Disabilitas dan Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Penyandang Disabilitas di Kota Malang,Skripsi,Jurusan Sosiologi, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i1.19289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress