PEMENUHAN AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS MELALUI TRANSPORTASI PUBLIK (STUDI KASUS PT KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASI VI YOGYAKARTA)

Albertus AC Novrian, Utami Dewi

Abstract


Penelitian  ini  dilakukan dengan  tujuan  untuk  mengetahui pemenuhan aksesibilitas  penyandang  disabilitas,  hambatan  dan  upaya  PT.  Kereta  Api Indonesia DAOP VI Yogyakarta dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan metode  penelitian  deskriptif kualitatif.Pengumpulan  data  berasal  dari  hasil  wawancara  dengan  subjek penelitian, observasi serta dokumentasi.Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data  menggunakan  teknik  triangulasi  data  yang  dianalisis  menggunakan  model analisis  data  menurut  Miles  dan  Huberman.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan bahwa  PT.  Kereta  Api  Indonesia  sudah  memahami  kebutuhan  para  penyandang disabilitas, walaupun  masih  terdapat  beberapa  hambatan,  diantaranya  koordinasi yang  kurang  baik  antara  pusat  dan DAOP  serta keterbatasan  informasi  dan regulasi mengenai penyandang disabilitas.

Kata  Kunci: Aksesibilitas,  Penyandang  Disabilitas,  Transportasi  Publik,  PT. Kereta Api Indonesia


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. Jumlah Penumapng Kereta Api . 2018 pada tanggal 20 Maret 2018 dari https://www.bps.go.id/link TableDinamis/view/id/815

Bath. et.al. (2000). Accessibility Measures: Fornulation Considerations andCurrent Applications.The University of Texas Austin.

Bintarto. (1989). Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya. Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.

Departmen of Justice, American with Disability Act (ADA)standard for AccessibleDesign, 2010, padatanggal 20 Februari 2018 dari https://www.ada.gov/reg s2010/2010ADAStandar ds/2010ADAstandards.ht m

Elfarischa P, Deasy. (2013). Perkembangan Kualitas Pelayanan Perkeretaapian Sebagai Angkutan Publik dalam Rangka Mewujudkan Sistem TransportasiBerkelanjutan (Studi pada PT. Kereta Api Daerah Oprasi VIII Surabaya). Skripsi Sarjana. Malang. Universitas Brawijaya Malang.

Firdaus, Ferry & Iswahyudi, F. (2008). Aksesibilitas Dalam Pelayanan Publik Untuk Masyarakat Dengan Kebutuhan Khusus,Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Pelayanan Lembaga Administrasi Negara.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) Nomor 30 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2009 tentang Perkeretaapian

Rahayu, S, Dewi, U &Adhiyana,M, (2013).Pelayanan Publik Bidang Trasnportasi Bagi Penyandang disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta, September.

Slamet, Thohari. (2014). Pandangan Disabilitas dan Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Penyandang Disabilitas di Kota Malang,Skripsi,Jurusan Sosiologi, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i1.19289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress