STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT COMMONWEALTH LIFE JAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN

Feridian Pratama, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  berbagai  strategi  yang  dilakukan  oleh  public relations  PT  Commonwealth  Life  Jakarta  dalam  membangun  citra  perusahaan.  Desain penelitian  ini  adalah  deskriptif  kualitatif.  Subjek  penelitian  ini  adalah  humas  serta  manajer dari PT Commonwealth Life Jakarta. Peneliti berperan sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  wawancara,  dengan  saling  tanya  jawab  melalui email  dan  wawancara  tatap  muka,  serta  studi  dokumentasi  dengan  menelusuri  portal  berita online terkait PT Commonwealth Life serta situs resmi perusahaan. Teknik analisis data dari penelitian  ini  yaitu  dengan  model  reduksi  data,  penyajian  data,  serta  penarikan  kesimpulan dan  verifikasi.  Teknik  keabsahan  data  menggunakan  metode  uraian  rinci.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  PT  Commonwealth  Life  ingin  mengokohkan  citra  perusahaan  sebagai teman setia masyarakat Indonesia yang senantiasa ikut serta dalam membangun kesejahteraan yang  lebih  baik    melalui  asuransi  dan  perencanaan  keuangan  yang  tepat.  Strategi  public relations PT Commonwealth Life Jakarta yaitu melakukan publikasi, melaksanakan berbagai kegiatan,  menyebarkan  informasi,  menjalin  hubungan  dengan  media,  melakukan  lobi  dan negosiasi dalam merancang program, melibatkan diri dengan komunitas baik internal maupun eksternal, melakukan kegiatan sosial masyarakat, serta menyusun strategi pemasaran produk. Strategi tersebut memberikan efek yang baik bagi perusahaan serta program yang dijalankan sudah dapat terlaksana dengan cukup baik.

Kata kunci: Public Relations, asuransi, citra


Full Text:

PDF

References


Buchari Alma (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabet

Bungin B (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Cultip M. Scott, Allen H. Center, Glen M. Broom (1985). Effective Public Relations. New Jersey: Prientice-Hall, Inc

Denis L.Wilcox (2003). Public Relations Strategies and Tactics. USA: Pearson Education Inc

Firsan Nova (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grafindo

Frank Jefkins (1994). Public Relations Techniques. London: Butterworth

Lexy Moleong (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Miles Mathew, Michael Hubberman (2009). Analisis Data Kualitatif Terjemahan. Jakarta: UI Press

Rachmat Krisyantono (2008). Public Relations Writing: Media Public Relations Membangun Citra Korporat. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group

Rosady Ruslan (2003). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Rosasy Ruslan (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: Rajawali Press

Silih Agung Wasesa (2005). Strategi Public Relations: Bagaimana Stategi Public Relations dari 36 Merek Global dan Lokal Membangun Citra, Mengendalikan Krisis dan Merebut Hati Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Sutisna (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

W.J.Severin, J.W.Tankard (2007). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan didalam Media Massa. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i1.19287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress