STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT COMMONWEALTH LIFE JAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai strategi yang dilakukan oleh public relations PT Commonwealth Life Jakarta dalam membangun citra perusahaan. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah humas serta manajer dari PT Commonwealth Life Jakarta. Peneliti berperan sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dengan saling tanya jawab melalui email dan wawancara tatap muka, serta studi dokumentasi dengan menelusuri portal berita online terkait PT Commonwealth Life serta situs resmi perusahaan. Teknik analisis data dari penelitian ini yaitu dengan model reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan metode uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Commonwealth Life ingin mengokohkan citra perusahaan sebagai teman setia masyarakat Indonesia yang senantiasa ikut serta dalam membangun kesejahteraan yang lebih baik melalui asuransi dan perencanaan keuangan yang tepat. Strategi public relations PT Commonwealth Life Jakarta yaitu melakukan publikasi, melaksanakan berbagai kegiatan, menyebarkan informasi, menjalin hubungan dengan media, melakukan lobi dan negosiasi dalam merancang program, melibatkan diri dengan komunitas baik internal maupun eksternal, melakukan kegiatan sosial masyarakat, serta menyusun strategi pemasaran produk. Strategi tersebut memberikan efek yang baik bagi perusahaan serta program yang dijalankan sudah dapat terlaksana dengan cukup baik.
Kata kunci: Public Relations, asuransi, citra
Full Text:
PDFReferences
Buchari Alma (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabet
Bungin B (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Cultip M. Scott, Allen H. Center, Glen M. Broom (1985). Effective Public Relations. New Jersey: Prientice-Hall, Inc
Denis L.Wilcox (2003). Public Relations Strategies and Tactics. USA: Pearson Education Inc
Firsan Nova (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grafindo
Frank Jefkins (1994). Public Relations Techniques. London: Butterworth
Lexy Moleong (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Miles Mathew, Michael Hubberman (2009). Analisis Data Kualitatif Terjemahan. Jakarta: UI Press
Rachmat Krisyantono (2008). Public Relations Writing: Media Public Relations Membangun Citra Korporat. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group
Rosady Ruslan (2003). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Rosasy Ruslan (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: Rajawali Press
Silih Agung Wasesa (2005). Strategi Public Relations: Bagaimana Stategi Public Relations dari 36 Merek Global dan Lokal Membangun Citra, Mengendalikan Krisis dan Merebut Hati Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Sutisna (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
W.J.Severin, J.W.Tankard (2007). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan didalam Media Massa. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i1.19287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress