STRATEGI PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA DALAM PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DINPERINDAGKOP KABUPATEN PURBALINGGA

Heru Cahyo Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi yang diakukan oleh Dinas
Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Kabupaten Purbalingga
dan hambatan yang dihadapi dalam pengembangan UMKM industri Knalpot di Desa
Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga.
Desain penelititan yang dipakai adalah deskriptif dengan pendekatan Kualitatif.
Subyek Penelitian adalah Kepala Seksi Industri Non Agro, Kepala UPTD Logam, Staf
Bidang Perindustrian Dinperindagkop Kabupaten Purbalingga, beberapa pelaku
industri kecil knalpot di Desa Purbalingga Lor, Ketua perkumpulan/kelompok usaha
industri knalpot desa Purbalingga Lor, Ketua RW 2 Desa Purbalingga Lor, dan
beberapa konsumen pengguna knalpot Desa Purbalingga Lor. Instrumen penelitian
adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan obsrvasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data interaktif.
Pengujian Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinperindagkop Kabupaten Purbalingga
telah melakukan Sembilan strategi yaitu: (1) Menjalin kemitraan dengan Distributor
dan pabrikan motor/mobil, (2) Peningkatan Kualitas SDM, (3) intens dalam mengiuti
setiap pameran otomotif, (4) Diadakannya program bantuan modal, (5) Mengaktifkan
kembali organisasi perkumpulan pengrajin knalpot desa Purbalingga Lor, (6)
Melakukan sosialisasi tentang tatacara prosedur pemasaran secara ekspor, (7) 

Meningkatkan kualitas produk Knalpot Purbalingga Lor, (8) Penambahan Jumlah
petugas penyuluh lapangan, (9) pengenalan penggunaan teknologi modern kepada para
pengrajin knalpot Purbalingga Lor. Kendala yang dihadapi yaitu: (1) Kualitas SDM
para pengrajin Knalpot yang masih rendah (2) Pengalokasian dana APBN untuk
pengembangan Industri yang masih belum mencukupi kebutuhan (3) Kurangnya
petugas penyuluh lapangan (4) Feed back berupa kritik/saran dari para pelaku industri
knalpot yang masih rendah.
Kata kunci : Strategi, pengembangan UMKM, pengembangan industri knalpot




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v1i2.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress