MODAL SOSIAL KOMUNITAS YOGYAKARTA MENGAJAR DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN NONFORMAL DI KAMPUNG GEMBLAKAN BAWAH KOTA YOGYAKARTA

Reza Falufi, Francisca Winarni

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeksripsikan Modal Sosial Komunitas
Yogyakarta Mengajar dalam penyelenggaraan pendidikan nonformal di Kampung Gemblakan Bawah
Kota Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial Komunitas Yogyakarta Mengajar Modal
Sosial komunitas Yogyakarta Mengajar dalam penyelenggaraan pendidikan nonformal di kampung
Gemblakan Bawah Kota Yogyakarta mampu memobilisasi sumber daya internal dan membangun
jaringan diluar komunitas. Hal ini dapat dilihat dari enam indikator, yaitu : (1) karakteristik komunitas
sosial yang terstruktur dan sistematis, (2) jaringan dan dukungan dari masyarakat dan eksternal
komunitas, (3) tindakan kolektif melalui pertemuan rutin satu sama lain antara sesama relawan dan
pengurus bersama masyarakat,, (4) kepercayaan yang terjalin kuat, (5) solidaritas internal komunitas
tinggi, (6) keharmonisan yang terjalin karena relawan konsisten menaati nilai-nilai serta norma yang
berlaku di masyarakat.

Kata kunci: Modal Sosial, Pendidikan Nonformal, Komunitas Yogyakarta Mengajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v3i2.13284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress