EFEKTIVITAS ONE STOP SERVICE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN MAGELANG

Relita Fisan Putri, Argo Pambudi

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta memberikan rekomendasi kepada Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magelang untuk membuat pelayanan
perizinan dengan sistem online, serta membuat anggaran sarana dan prasarana pelaksana, melakukan
sosialisasi secara rutin agar one stop service dapat efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas one stop service di
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magelang sudah
efektif, dilihat dari lima indikator dari Zeithml, Parasuraman, & Berry yang terdiri dari (1)
tangible, fasilitas fisik sudah memadai dan pegawai yang ramah. (2) reliability, keandalan
pegawai dalam menyelesaikan perizinan sudah jelas dan tidak berbelit-belit.(3)
responsiveness,tanggap dalam menyelesaikan permasalahan dan mencarikan solusinya
apabila pengguna jasa layanan mengalami kendala.(4) assurance,sudah mewujudkan
manajemen mutu pelayanan publik berdasarkan ISO 9000 untuk mewujudkan keberhasilan
dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (5) emphaty, peduli dengan kebutuhan
masyarakat terutama dalam pembuatan izin, mulai dari pendaftaran, proses, sampai izin
selesai. Faktor penghambat yaitu terbatasnya jumlah pegawai terutama bidang perizinan,
masyarakat masih pasif akan pembuatan izin, sedangkan faktor pendukung yaitu
kepemimpinan,sumber daya aparatur,dan sarana prasarana.
Kata kunci: Efektivitas, One Stop Service, Kabupaten Magelang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v3i2.13283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress