IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SMP NEGERI 2 GRABAG

Mochamad Septian Adi C, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi UNBK Tahun
Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Grabag ditinjau dari faktor komunikasi kebijakan,
pengelolaan sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi pelaksana kebijakan. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian
adalah Panitia di tingkat satuan pendidikan (termasuk Proktor, Teknisi, dan Pengawas) sebagai
pelaksana UNBK di SMP Negeri 2 Grabag. Data dikumpulkan menggunakan teknik
wawancara, observasi berperanserta pasif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara
interaktif menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan yang mengatur teknis penyelenggaraan UNBK
dikeluarkan oleh BSNP dalam bentuk POS UN mempunyai tujuan yang jelas dan konsisten
sehingga informasi dapat dipahami para pelaksana kebijakan; (2) Pengelolaan sumber daya
untuk penyelenggaraan UNBK sudah baik, terutama sumber daya manusia meskipun
infrastruktur masih banyak kekurangan namun dapat diatasi dengan penyesuaian terhadap
kebutuhan dan keadaan di lapangan; (3) Disposisi sudah baik dengan penerimaan kebijakan
UNBK oleh pelaksana kebijakan yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi seperti instruksi
POS UN; (4) Kebijakan sudah rinci dan mudah diterapkan kepada struktur kepanitiaan di
tingkat satuan pendidikan dengan penyesuaian sesuai kebutuhan.
Kata kunci: implementasi kebijakan, ujian nasional, ujian nasional berbasis komputer.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v3i1.13277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress