PRODUKTIVITAS DINAS PARIWISATA DAERAH ISTIMEWAYOGYKARTA DALAM PEMASARAN PARIWISATA YOGYAKARTA

Ainna Primeri Yosie T, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas Dinas Pariwisata DIY serta
kendala yang dihadapi Dinas Pariwisata DIY dalam melakukan pemasaran pariwisata DIY, untuk
dikembangkan menjadi bahan rekomendasi bagi Dinas Pariwisata DIY guna perbaikan kinerja
dalam pemasaran pariwisata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata DIY dalam pemasaran
pariwisata Yogyakarta belum cukup produktif. Hal ini dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan,
hotel dan travel agen selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tetapi hal sebaliknya
pada tingkat lama tinggal wisatawan dan jumlah restoran justru tidak mengalami peningkatan,
tetapi menunjukkan jumlah yang fluktuatif. Adapun kendala yang dihadapi dalam pemasaran
pariwisata yaitu pengurangan anggaran, peserta pelatihan yaang monoton, perbedaan orientasi
kepentingan antar pemerintah kabupaten/kota dengan Dinas Pariwisata DIY serta kendala dari sisi
masyarakat.

Kata Kunci : Produktivitas, Pemasaran Pariwisata, Pariwisata Yogyakarta

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v3i6.12729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress