INOVASI PELAYANAN DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTAMELALUI RUMAH SEHAT LANSIA

Aditya Krisna Bayu, Lena Satlita

Abstract



Jumlah lansia Kota Yogyakarta yang mencapai 30,95% menyebabkan munculnya sebuah
inovasi pelayanan khusus lansia dengan metode preventif dan promotif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui inovasi pelayanan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Rumah
Sehat Lansia dalam meningkatkan pelayanan terhadap lansia serta faktor – faktor yang mendukung
dan menghambat Rumah Sehat Lansia. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sehat menjadi sebuah
inovasi yang cukup baik dalam meningkatkan pelayanan terhadap lansia, dilihat dari kriteria penilaian
inovasi pelayanan publik menurut Clark dan Guy yaitu kebaruan, kemanfaatan, memberi solusi, dapat
direplikasikan, dan kompatibel. Hal ini dibuktikan dengan : 1) Meningkatnya pengakses Rumah Sehat
Lansia dari tahun ke tahun. 2) Meningkatkan peran aktif lansia di puskesmas yang ada di Kota
Yogyakarta. Faktor pendukungnya adalah kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak serta
akses pelayanan yang mudah dan cepat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan lahan
dan lokasi yang sulit ditemukan.

Kata kunci: Inovasi,Pelayanan Publik, Lansia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v3i6.12726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress