PENGARUH KUALITAS PRODUK, EFEKTIVITAS IKLAN, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI SANDAL (STUDI PADA SANDAL HOMYPED VERSI IKLAN RAFFI AHMAD DAN SOIMAH DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

Bayu Mukti Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, efektivitas iklan, dan celebrity endoser terhadap minat beli sandal Homyped. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang masih aktif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap minat beli, (2) terdapat pengaruh positif efektivitas iklan terhadap minat beli, (3) terdapat pengaruh positif celebrity endoser terhadap minat beli, dan (4) terdapat pengaruh kualitas produk, efektivitas iklan, dan celebrity endoser terhadap minat beli.

 

Kata kunci: Kualitas Produk, Efektivitas Iklan, Celebrity Endorser, dan Minat Beliid


Full Text:

PDF

References


Alfatris, Tika Dian (2012), Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Minat Beli K-Pop (Korean Pop) Album dengan Sistem Pre Order secara Online (Studi Pada Online Shop Kordo Day Shop (CORP) Semarang). Skripsi Tidak diterbitkan. Semarang.

Asri. (2005). Studi Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Divisi Putera 1912, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume III No. 3 Desember 2004 Halaman 289 -308.

Bachriansyah, Rizky Amalina. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: FE UNDIP.

Belch, George E & Michael A. Belch. (2004). Advertising and Promotion-An Integrated Marketing Communication Perspektive-Fifth Edition. Mc Graw-Hill Higher Education, New York.

Cobb-Walgren, Cathy, Chyntia A, Ruble, dan Naveen Donthu. (1995). Brand Equity, Brand Preference, and Purchase Intent. Journal of Marketing Research, Vol. 19, November.

Dessler, Gary. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesembilan Jilid 1 Alih Bahasa: Eli Tanya; Penyunting:Budi Supriyanto. Jakarta: Prentice Hall.

Dodd, James., Kent, B, Monroe and P Grewal, (1991), The Evaluating of Price, Perceived Quality, and Customer Perceptions of Products Quality, Journal of Marketing Research, Vol.42, pp.331-349.

Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Augusty Universitas Diponegoro. Brand Equity. 2nd Edition. New Jersey, NJ.

Fitriana, Stella (2013). Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Citra Merek. Skripsi. Surakarta: UMS.

Indriani, Farida dan Hendiarti,Dini (2009) Studi Mengenai Efektifitas Iklan terhadap Citra Merek Maskapai Garuda Indonesia. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Volume VIII, No 1, Mei 2009. Semarang: UNDIP.

Keller, Kevin Lane (2003), Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2008). Principle of Marketing, Global Edition, 14th Edition. USA: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran Indonesia. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

___________. (2009). Marketing Management, The Millenium Edition, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Prabowo,Yanuar Widi (2014). Analisis Pengaruh Celebrity Endoser Terhadap Minat Beli (Survei pada Pengunjung 3Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Rizky, Anggitan (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Minat Beli Ulang (Studi Pada Shibuya Resto Citraland Mall Semarang). Skripsi Tidak diterbitkan. Semarang.

Rofiqoh (2014). Analisis Pengaruh Selebrity Endoser dan Keberagaman terhadap minat beli (Studi pada Konsumen Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga di Mini Market Joni Jaya Prigen). Skripsi Tidak diterbitkan. Pasuruan: Universitas Yudharta Pasuruan.

Royan, Frans M., (2004). Marketing Selebritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saidani, Basrah. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. Jurnal riset manajemen sains indonesia (JRMSI) vol3, no 1. Dipublikasikan.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Erlangga: Jakarta.

Tjiptono, Fandy. (2000). Strategi Pemasaran, Edisi II Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.