PENGARUH eWOM TERHADAP BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST, SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI PRODUK SMARTPHONE IPHONE (STUDI PADA MASYARAKAT DI YOGYAKARTA)

Annisa Mayga Anggitasari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eWOM terhadap brand image dan brand trust, serta dampaknya pada minat beli produk smartphone iPhone. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat di Yogyakarta yang mengetahui produk serta merek iPhone yang berjumlah 180 orang dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dengan program AMOS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) eWOM berpengaruh positif terhadap brand image produk smartphone iPhone dengan Critical Ratio (CR) 4,487 nilai p-value (0,000<0,05). (2) eWOM berpengaruh positif terhadap brand trust produk smartphone iPhone dengan CR 4,929 nilai p-value (0,000<0,05). (3) brand image berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone dengan CR 3,786 nilai p-value (0,000<0,05). (4) brand trust berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone dengan CR 3,093 nilai p-value (0,002<0,05). (5) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone dengan CR 4,235 nilai p-value (0,000<0,05). (6) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand image dengan pengaruh tidak langsung (PTL) 0,080. (7) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand trust dengan PTL 0,072.

Kata Kunci : eWOM, Brand Image, Brand Trust, Minat Beli

 

ABSTRACT

This study aimed to to find out the effect of eWOM to the brand image and brand trust, and also the effect of purchase intention smartphone iPhone products. This study was a survey research. The sample used in this study is a community in Yogyakarta who know the product iPhone which amounted to 180 people were taken by purposive sampling method. Data were collected by a questionnaire and analyzed using AMOS program 21.0 with path. The results showed that: (1) eWOM positively affects the brand image of smartphone iPhone products with Critical Ratio (CR) 4.487 p-value (0.000 <0.05). (2) eWOM positively affects the brand trust of smartphone iPhone products with CR 4.929 p-value (0.000 <0.05). (3) brand image positively affects the purchase intention of smartphone iPhone products with CR 3.786 p-value (0.000 <0.05). (4) brand trust positively affects the purchase intention of smartphone iPhone products with CR 3.093 p-value (0.002 <0.05). (5) eWOM positively affects the purchase intention of smartphone iPhone products with CR 4.235 p-value (0.000 <0.05). (6) eWOM positively affects the purchase intention iPhone smartphone products mediated by brand image with the indirect effect (PTL) 0.080. (7) eWOM positively affects the purchase intention iPhone smartphone product mediated by brand trust with PTL 0,072.

Key word : eWOM, Brand Image, Brand Trust, Purchase Intention

 

 



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Analisis. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi Durianto, et al. (2003). Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Elisabeth B, Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam. (2008). Model Persamaan Struktural, Konsep, dan Aplikasi dengan Program AMOS 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hennig-Thurau T., Gwinner K.P., Walsh G., Gremler D.D. (2004). Electronic Word-of Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?. Journal of Interactive Marketing 18(1).

J. Setiadi, Nugroho, SE, MM. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran (Principles of Marketing). Jakarta: Prenhallindo.

Lau, Geok Theng and Sook Han Lee. (1999). Consumer Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management. 4.

Majid, Nurkholish. (2014). Analisis Pengaruh Electronic Word Mouth terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Malang. Jurnal FEB Universitas Brawijaya.

Mustafa, Zainal dan Wijaya, Tony. (2012). Panduan Teknik Statistik SEM & PLS dengan SPSS AMOS. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Samuel, Hatane dan Lianto, Adi Suryanata. (2014). Pengaruh Analisis eWOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Universitas Kristen Petra Surabaya. Vol. 8. No. 2.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

http://www.bareksa.com/id/text/2016/01/21/industri-telekomunikasi-seluler-di-indonesia-dirampingkan-apakah-masih-cerah/12531/analysis diakses pada 18 Februari 2016 pukul 20.00

https://id.techinasia.com/pasar-ponsel-dan-smartphone-indonesia-q1-2015 diakses pada 18 Februari 2016 pukul 20.18

www.makemac.com/gartner-apple-pegang-725-persen-pangsa-pasar-smartphone-di-tiongkok/ diakses pada 18 Februari 2016 pukul 20.30

https://id.techinasia.com/survei-website-ecommerce-populer-indonesia diakses pada 20 Februari 2016 pukul 15.30

https://apjii.or.id/upload/statistik/Survey%20APJII%202014%20v3.pdf diakses pada 20 Februari 2016 pukul 17.15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.