PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN (STUDI PADA PELANGGAN LONDON BEAUTY CENTER (LBC) DI KOTA YOGYAKARTA)

Sanda Amida Dike Rosica

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kepercayaan merek, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan pada pelanggan London Beauty Center (LBC) di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang pernah melakukan perawatan atau menggunakan produk dari LBC Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap keputusan pembelian, (2) terdapat pengaruh positif kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian, (3) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, dan (4) terdapat pengaruh persepsi harga, kepercayaan merek, dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci: Persepsi Harga, Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

This study aimed to determined the effect of price perception, brand trust, and quality of service on purchasing decisions beauty products on London Beauty Center (LBC’S) customer in the city of Yogyakarta. This research was a survey. The population was this study was all of customers who ever perform treatment or used products from LBC Yogyakarta. The sampling technique used was purposive sampling method with sample size of 200 people. Data collection techniques was used questionnaires that have been tested for validity and reliability. Data were analyzed used multiple regression. The results of this study indicate that: (1) there was positive effect of price perception on purchase decisions, (2) there was positive of effect brand trust on purchase decisions, (3) there was positive effect of the service quality on purchasing decisions, and (4) there were price perception, brand trust, and quality of service effect on purchasing decisions simultaneously.

Keywords: Price Perception, Brand Trust, Service Quality, Purchasing Decisions


Full Text:

PDF

References


Assael, Henry. 2001. Cunsomer Behavior 6th Edition. New York: Thomson-Learning.

Ferrinadewi, Erna, 2005. Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 7. No. 2 pp. 139-151.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Goetsch, D.L & Davis, S, 1994 Introduction to Total Quality, Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs, NJ, Prentice Hall International Inc.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks: Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 2002, “Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Tenth Edition”, Prentice Hall International, Inc., New Jersey.

Kumastuti, Fitri. 2011. Pengaruh Harga, Atribut Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telepon Seluler Sony Ericsson (Studi Kasus di Kabupaten Temanggung). Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: UNDIP.

Lau, Geok Then and Sook Han Lee. 1999. Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand loyalty, Journal of Market Focused management.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis Jasa Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Purbarani, Anette. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 2 Maret 2013.

Purnama, Wulan. 2014. Pengaruh Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizka, Amalia. 2010. Pengaruh Harga, Brand Trust, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonic Mizone di Kota Surabaya. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jawa Timur: UPN Jawa Timur.

Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, (Edisi II, Get. VHI): Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.