PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA PANTAI KABUPATEN GUNUNGKIDUL (Studi pada mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta)

M. Latief Bachtiar

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 7 variabel terhadap minat wisatawan berkunjung kembali ke pantai Kabupaten Gunungkidul” baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa strata 1 angkatan 2011-2014 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang pernah mengunjungi wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul., sampel 168 responden. Teknik pengumpulan data purposive sampling, analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian: produk berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,135, signifikansi 0,031; harga  berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,138, signifikansi 0,035; promosi berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,127, signifikansi 0,043; lokasi berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,112, signifikansi 0,043; orang berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,134, signifikansi 0,045; proses berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,145, signifikansi 0,045; bukti fisik berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,160, signifikansi 0,012 dan produk, harga, promosi, lokasi, orang, dan proses, serta bukti fisik secara simultan berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali dengan nilai F-hitung sebesar 7,511, tingkat signifikansi 0,000

 

Kata kunci: produk, harga, promosi, lokasi, orang, dan proses, bukti fisik, minat berkunjung kembali

 

Abstract

The purpose of this research is to examire the effect of 7 variables of the marketing mix to tourist intent tor revisit Gunungkidul Regency Tourism Beach. This research was a quantitative descriptive study. The population of this research was all of undergraduate students at Faculty of Economics, Yogyakarta State University that ever visited tourism beach in Gunungkidul Regency. Sample of this research were 168 respondents. The sampling method was purpose, data was analysed using multiple regression. The result found that product variable  positively  influence to revisit intention with the t-test of significance is less than 0.05 (p <0.05) and the regression coefficient has a positive value of 0.135, significance 0.031; price variable positively influence to revisit intention with the t-test of significance is less than 0.05 (p <0.05) and the regression coefficient has a positive value of 0.138, significance 0.035; promotion variable positively influence to revisit intention with the t-test of significance is less than 0.05 (p <0.05) and the regression coefficient has a positive value of 0.127, significance 0.043; place variable positively influence to revisit intention with the t-test of significance is less than 0.05 (p <0.05) and the regression coefficient has a positive value of 0.112, significance 0.043; people variable positively influence to revisit intention with the t-test of significance is less than 0.05 (p <0.05) and the regression coefficient has a positive value of 0.134, significance 0.045; process variable positively influence to revisit intention with the t-test of significance is less than 0.05 (p <0.05) and the regression coefficient has a positive value of 0.145, significance 0.045; physical evidence variable positively influence to revisit intention with the t-test of significance is less than 0.05 (p <0.05) and the regression coefficient has a positive value of 0.160, significance 0.012; and product, price, promotion, place, people, and process, and physical evidence variables positively affects simultaneously to revisit intention, value equal to 7.511, significance 0,000.

 

Keywords: product, price, promotion, place, people, and process, and physical evidence, revisit intention, tourism beach 

Full Text:

PDF

References


Amstrong, G & Kotler P. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Erlangga.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayuningtyas, Ranum. 2008. Pemanfaatan Pantai Karst Kabupaten Gunungkidul. Jurnal. Depok: Departemen Geografi Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Azwar, Saifuddin. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

____. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.ed. Rev. IV. Yogyakarta: Rineka Cipta.

. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ashari, Purbayu Budi Santoso. 2005. Analisis statistic dengan Microsoft exel dan SPSS.Yogyakarta.

Bilson, Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Buchari, Alma. 2007. Manajemen Penjualan dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dirgabrata, Hidayatullah Surya. 2013. Implementasi Marketing Mix Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Ke Taman Wisata Lembah Hijau. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Engel, F. James; Roger D. Blackwell; Paul W. Miniard. 2004. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.

Hadinoto, Kusudianto. 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: UI Press.

Hair, J. F, Black, W. C, Babin, B.J, Anderson, R. E., & Tatham, R. L., 2006, “Multivariate data Analysis”, Sixth Edition, New Jersey: Prentice Hall.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.

Http://www.jogja.co/wow-ada-69-pantai-di-gunungkidul-jogja/ (diakses pada tanggal 27 April 2015)

Hair, Joseph F et al. 2006. Multi Variate Data Analysis. Fifth Edition. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jogiyanto, HM. 2010. Analisis dan Desain. Yogyakarta: Andi OFFSET.

Kotler, Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

____Philip. 1995. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

____P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Ed 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kresna, Bayu Dwi. 2011. Pengaruh Customer In Service Delivery Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada PT. Bank Sulselbar Syariah Cabang Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Krug, Albert Alexander. (2008). Ethnic Minority Consumer Behaviour: A Study of Brand Loyalty and Its Antecedents in the UK. Thesis (Dissertation). Marketing & Strategy Section Cardiff Business School, Cardiff University, UK.

Kumar, S. Ramesh and Advani, Jai Yashwant. 2005. Factors affecting Brand Loyalty: A Study in an emerging market on fast moving consumer goods. Journal of Customer Behaviour, 4, 251-275

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lovelock, Christopher and Wirtz Jochen. 2007. Services marketing, People, Technology, Strategy. Sixth Edition. Pearson International Edition.

Lubis, Ade Fatma. 2012. Pasar modal. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rambat dan A. Hamdani 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, Naresh K. 2010. Marketing Research: An Applied Orientation. Sixth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Martutik, Anik Tri. 2010. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Pengguna Jasa Catering Pada PT. Sonokembang Wahana Jaya Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muhson, Ali. 2005. Diktat Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Munandar, Ashar Unyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Mursid, M. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawaz, A and Usman, A. 2011. What Makes Customers Brand Loyal: A Study on Telecommunication Sector of Pakistan.

International Journal of Business and Social Science, Vol. 2 No. 14

Nur, Indriantoro dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE

Poernomo, Dewi Ika Sari Hari. 2009. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rs Baptis Kediri. Thesis. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Purnama, M. Syakib Arsalan Citra, Murwatiningsih. 2014.

Pengaruh Marketing Mix Terhadap Proses Keputusan Berkunjung Ke Museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal. Semarang: Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Rambe, Oki Irawan. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Wonders Water World Waterpark CBD Polonia Medan. Jurnal. Medan: Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Ridwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: CV Alfabeta.

Rundle, Thiele, Sharyn and Bennett, Rebekah, 2001.“A brand for all seasons?A discussion of brand loyalty approaches and their applicability for different markets”, Journal of Product and Brand Management, Volume 10 nomor 1 hal 4

Siburian, Cempaka Kezia. 2013. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, Dan, Promosi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Tempat Wisata Draco Waterpark Hermes Medan. Jurnal. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7,jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susiati dan Nurkholis. 2009. Undang-Undang No.10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Swastha, Basu. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, edisi kedua. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yazid. 1999. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII

Yoeti, Oka A. 2005. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Bandung: Angkasa.

Yudananto, Wisnu. Et.al. 2012. Peranan Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Daerah Di Indonesia (Analisis Interregional Input-Output). Jurnal. Bandung: Universitas Padjajaran.

Zeithaml, Valerie A, Parasuraman A, Berry Leonard L., 2000, Delivering Quality Service Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press. New York.

Zeithaml, Valerie; Bitner M.J; Gremler, Dwayne., 2006, Service Marketing, McGraw-Hill International Edition, Singapore.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.