PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA MUSLIM PADA OUTLET FRANCHISE ASING DI YOGYAKARTA YANG DIKAITKAN DENGAN LABEL HALAL

Meiry Hartahati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Sikap terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim pada outlet franchise asing di Yogyakarta yang dikaitkan dengan label halal, (2) pengaruh Norma Subjektif terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim pada outlet franchise asing di Yogyakarta yang dikaitkan dengan label halal, (3) pengaruh Persepsi Kontrol Perilaku terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim pada outlet franchise asing di Yogyakarta yang dikaitkan dengan label halal, dan (4) pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim pada outlet franchise asing di Yogyakarta yang dikaitkan dengan label halal. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang yang pernah mengkonsumsi produk dari outlet franchise asing minimal sekali dan mengetahui sertifikasi kehalalan oleh MUI. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif pada hasil uji thitung dan secara simultan pada hasil uji Fhitung.

Kata kunci: Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim, Outlet Franchise Asing, Label Halal

Abstract

The purpose of this research were to find: (1) the influence of attitude toward consumption behavior of moslem students on Yogyakarta foreign franchise outlet associated with halal label, (2) the influence of subjective norm toward consumption behavior of moslem students on  Yogyakarta foreign franchise outlet associated with halal label, (3) the influence of perceived behavior control toward consumption behavior of moslem students on  Yogyakarta foreign franchise outlet associated with halal label, and (4) the influence of attitude, subjective norm, and perceived behavior control toward consumption behavior of moslem students on  Yogyakarta foreign franchise outlet associated with halal label. The research conducted based on survey research. Population of this research were students of Faculty Economics Yogyakarta State University. Purposive sampling was used as a sampling method with  total samples were 130 people that have consumed product minimum a times on foreign franchise outlet and have known halal certification by MUI. Data was collected through questionnaire which validity and reliability were already verified. Multiple regression was used as analysis technique. The result showed that attitude, subjective norm, and perceived behavior control have positive value by tcount and simultaneous value by Fcount.

Keywords: Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control, Consumption Behavior of Moslem Students, Foreign Franchise Outlet, Halal Label

Full Text:

PDF

References


Arrimbawa, Jefri dan Gede Ketut Warmika. (2014). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control Terhadap Niat Untuk Mengeluh. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Arrahmah. (2013). Solaria Sudah Halal Enam Restoran Beken Lainnya Belum. Diambil dari www.arrahmah.com/news/2013/12/04/solaria-halal-enam-restoran-beken-belum-html. pada tanggal 8 Juni 2015.

Ajzen Icek and Fishbein Martin. (1991). “Understandig Attitude and Predicting Social Behavior”. Eaglewood-Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Ajzen I.,(2011). “Constructing A Theory of Planned Behavior Questionnaire”. Diambil dari www.people.umass.edu/aizen.

Ajzen I. (2005). “The Theory of Planned Behavior”. Organizational Behavior and Human Decision Processes”.Hlm.181.

Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bonne, et al. (2007).” Muslim Consumer Attitude Towards Meat Consumption In Belgium”. Hlm. 367-389.

Halal MUI. (2001). Jaminan Halal MUI. Diambil dari www.halalmui.org/mui14/index.php/main/detil_page/8/22601. pada tanggal 10 Juni 2015.

Khalek, Aidah Abdul.,Sharifah Hayaati Syed I.,Hairunnisa Mohamad Ibrahim. (2015). “A Study on the Factors Influencing Young Muslim’ Behavioral Intention in Consuming Halal Food in Malaysia”. Jurnal Syariah (No.1,Vol.23). Hlm. 79-102.

Kompas. (2014). Kesadaran Masyarakat Akan Produk Berlabel Halal Masih Rendah. Diambil dari www.kompas.com/news/2014/kesadaran-masyarakat-akan-produk-halal-masih-rendah-html. pada tanggal 8 Juni 2015.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Keduabelas). Jakarta: Cetakan Ketiga. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Manajemen Jilid I Edisi Kedelapan, Alih Bahasa oleh Damaas Sihombing, MBA. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Majalah Franchise. (2015). Tahun 2015 Franchise Asing Diprediksikan Meningkat. Diambil dari www.majalahfranchise.com/article/tahun-2015-franchise-asing-diprediksikan-meningkat-html. tanggal 20 Agustus 2015.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. (2000). Consumer Behavior:Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid I Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Republika. (2013). Restoran Asing Ikut Ajukan Sertifikasi. Diambil dari www.republika.com/news/2013/12/05/restoran-asing-ikut-ajukan-sertifikasi.html. pada tanggal 9 Juni 2015.

Schiffman, Leon G, dan Kanuk Leslie Lazar. (2010). Consumer Behavior 10th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sekaran. (2006). Research Methods for Business. Jakarta: Salemba Empat.

Soesilowati, Endang S. (2010). “Opportunities for Halal Product in the Global Market: Muslim Consumer Behavior and Halal Food Consumption”. Journal of Indonesian Social Science and Humanities (Vol.3). Hlm.151-160.

Soesilowati, Endang S. (2009). “Analisis Faktor Determinan Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Halal”. Jakarta: LIPI Press.

Suddin Lada, Geoffrey H.T dan Hainudin Amin. (2009). “Predicting Intention to Choose Halal Product Using Theory of Reasoned Action”. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management. Hlm.66-67.

Top Brand 2013-2014. (2015). Top Brand Survey. Diambil dari www.topbrandaward.com/topbrandsurvey/surveyresult/top_brand_index_2013fase2.html;www.topbrandaward.com/top-brand-survey/surveyresult/top_brand_index_2014_fase_2-html. tanggal 8 Juni 2015.

Triastity, Dra. Rahayu dan Sumarno D.S, M.Si. (2013). Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Sebagai Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Pepsodent. Jurnal GEMA Tahun XXV/46/Februari-Juli 2013.

Wikipedia. (2015). Serifikasi Halal MUI. Diambil dari id.wikipedia.org/serifikasi-halal-MUI pada tanggal 9 Juni 2015.

Windikusuma, Dewi K. (2015). “Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Sikap dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Ulang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Skripsi: Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.