DETERMINAN PENYALURAN KREDIT INVESTASI OLEH BANK DEVISA NASIONAL DI INDONESIA

Mutiara Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), BI 7-Day Repo Rate, Inflasi dan Gross Domestic Product (GDP) terhadap Penyaluran Kredit Investasi oleh bank devisa nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2012-2017. Penelitian ini tergolong asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank devisa nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Capital Adequacy Ratio (CAR), BI 7-Day Repo Rate, Inflasi dan Gross Domestic Product (GDP) tidak berpengaruh terhadap Penyaluran Kredit Investasi. Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Penyaluran Kredit Investasi. Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penyaluran Kredit Investasi.

 

Kata kunci: Kredit Investasi, Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), BI 7-Day Repo Rate, Inflasi, dan Gross Domestic Product (GDP).

 


Full Text:

PDF

References


Ali, Masyhud. (2004). Asset Liability Management, Menyiasati Risiko Pasar dan. Risiko Operasional dalam Perbankan. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Amalia, Dian. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penyaluran Kredit Investasi Bank Umum. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Bambang. (2000). Inflasi dan Solusinya. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Boediono. (1999). Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Dendawijaya, Lukman. (2009). Manajemen Perbankan, Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Djafar, Sherly., Kalangi, B.J.,Tenda, R.A. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Investasi Pada Bank Umum di Provinsi Gorontalo. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA).Vol.2 No.1 Maret 2014.

Fransisca, Siregar. (2008). Pengaruh Faktor Internal Bank Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Go Public di Indonesia. Jurnal Akuntansi.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS19, Edisi 5. Semarang : BPUD.

Ismaulandy, Wildan. (2014). Analisis Variabel DPK, CAR, NPL, LDR, ROA, GWM, dan Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit Investasi Pada Bank Umum BUMN (Periode 2005-2013). Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Linda, Maiva. (2007). Responsifitas Kredit Investasi Terhadap Variabel Makroekonomi dan Perbankan Pada Bank Umum Persero dan Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Non Devisa. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Ramelda, Susi. (2017). Pengaruh Suku Bunga Kredit dan Produk Domestik Bruto Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan Bank Umum Pemerintah Di Indonesia. JOM Fekon.Vol.4 No.1 Februari 2017.

Silva, Kurnia. (2016). Analisis Pengaruh SBDK, Inflasi, Nilai Tukar dan DPK Terhadap Penyaluran Kredit Investasi Perbankan. Jurnal Ilmiah Ekonomi.

Siamat. (2001). Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.