ANALISIS DETERMINAN KINERJA INTELLECTUAL CAPITAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA)

Muhammad Qori Alfathurahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan (Ln Total Aset), Profitabilitas (ROA), dan Leverage (DER) terhadap Kinerja Intellectual Capital perusahaan sektor industri barang konsumsi yang listing di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2016. Sampel ditentukan dengan purposive sampling dan diperoleh 20 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual. (2) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual. (3) Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual.

 

Kata Kunci: Modal Intelektual, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage


Full Text:

PDF

References


Achmad T. Irawan F.I. 2014. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Intellectual Capital dengan Struktur Kepemilikan Sebagai Variabel Moderating. Diponegoro Journal of Accounting. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Anthony, R.D. dan Widagdo, A.K. 2013. Pengaruh Family Control terhadap Intellectual Capital Performance (Studi pada Perusahaan Perbankan Periode 2009 – 2012). Efektif Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Ashari, P.M.S. dan Putra, L.N.W.A. 2016. Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen terhadap Pengungkapan Modal Intelektual. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.

Bursa Efek Indonesia. 2016. IDX Statistics 2016. The IDX Statistics Book includes comparative statistics on all aspects of trading and listing for January - December 2016.

Fachrezy Irfan. 2017. Analisis Pengaruh Struktur Good Corporate Governance, Return on Asset dan Leverage terhadap Kinerja Intellectual Capital (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012 – 2016). Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hidayat. 2000. Peranan Strategis Modal Intelektual dalam Persaingan Bisnis di Era Jasa. Ekuitas Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Mahardika, E.S.S. Agustina, L. Khafid, M. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran, dan Umur Perusahaan terhadap Kinerja Intellectual Capital. Accounting Analysis Journal.

Mavridis, D.G. 2004. The intellectual capital performance of the Japanese banking sector. Journal of Intellectual Capital.

Nugroho, Ahmadi. 2012. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intellectual Capital Disclosure (ICD). Accounting Analysis Journal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Nurhayati. Afriani Ulfah J. Nurcholisah K. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan terhadap Kinerja Intellectual Capital (pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013). Prosiding akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung.

Prasetya, Dimas Nurdy dan Mutmainah, Siti. 2011. Analisis Pengaruh Intellectual Capital terhadap Islamicity Financial Performance Index Bank Syari’ah di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi.

Pulic, Ante. 1998. Measuring the Performance of Intellectual Potential in Knowledge Economy. Paper Presented at The 2nd McMaster Word Congress on Measuring and Managing Intellectual Capital by The Austrian Team for Intellectual Potential.

Putra, I.G.C. 2012. Pengaruh Modal Intelektual pada Nilai Perusahaan Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika.

Putriani, F.D. 2010. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Tingkat Keuntungan Perusahaan, dan Risiko Perusahaan terhadap Kinerja Modal Intelektual.Skripsi Sarjana. Tidak diterbitkan. Universitas Diponegoro.

Sawarjuono, T. dan Kadir, A. P. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran, dan Pelaporan (Sebuah Library Research). Jurnal Akuntansi & Keuangan.

Schiavone, F. Meles, A. Verdoliva, V. dan Del Giudice, M. 2014. Does Location in a Science Park Really Matter for Firms’ Intellectual Capital Performance?. Journal of Intellectual Capital.

Setianto, A.P. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengungkapan Modal Intelektual (Studi Empiri pada Perusahaan yang Terdaftar di “Index Kompas 100” tahun 2010-2012). Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Suprradnya, I.N.T. dan Ulupui, I.G.K.A. 2016. Pengaruh Jenis Industri, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Asing terhadap Kinerja Modal Intelektual. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.

Swapradinta Kurnia Dewi. 2016. Analisis Faktor Determinan Pengungkapan Modal Intelektual pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ulum, Ihyaul. 2009. Intellectual Capital Konsep dan Kajian Empiris. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ulum, I. Ghozali, I. Purwanto, A. 2014. Intellectual Capital Performance of Indonesian Banking Sector: A Modified VAIC (M-VAIC) Perspective. Asian Journal of Finance and Accounting.

Wartini, S, dan Wibowo, A. 2012. Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas dan Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Dinamika Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Widaryanti. 2011. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Intellectual Capital pada Industri Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Fokus Ekonomi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.