Pengaruh Rasio CAMEL Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Wulandari Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio CAMEL terhadap Profitabilitas (ROA) perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2013-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh data sampel sejumlah 15 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 rasio Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap ROA. (2) Non Performing Loan (NPL) tidak berpengaruh terhadap ROA. (3) Net Interest Margin (NIM) berpengaruh positif terhadap ROA. (4) Biaya Operasional dibanding dengan Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif terhadap ROA. (5) Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh terhadap ROA.

 

Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional dibanding dengan Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Return On Asset (ROA).

 


Full Text:

PDF

References


Dendawijaya, Lukman. (2009). Manajemen Perbankan, Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate de ngan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husnan, Suad. (1998). Manajemen Keuangan: Teori dan Penerapan (Keputusan jangka panjang). Yogyakarta: BPFE.

Januarti, Indira. (2002). Variabel Proksi Camel dan Karakteristik Bank Lainnya untuk Memprediksi Kebangkrutan Bank Di Indonesia. Jurnal Bisnis Strategi.

Mabruroh. (2004). Manfaat Dan Pengaruh Rasio Keuangan Dalam Analisis Kinerja Keuangan Perbankan. Jakarta: Benefit.

Mawardi, Wisnu. (2005). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan bank umum di Indonesia. Jurnal Bisnis Strategi.

Meydianawathi, Luh Gede. (2007). Analisis Perilaku Penawaran Kredit Perbankan Kepada Sektor UMKM Di Indonesia (2002-2006). Denpasar: Universitas Udayana.

Muhammad Sarifudin. (2005). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laba Perusahaan Perbankan yang Listed di BEJ periode 2000-2002. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugraheni, Fitri dan Dody Hapsoro. (2007). Pengaruh Rasio Keuangan CAMEL, Tingkat Inflasi, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Jakarta. Jakarta: Wahana.

Prasnaguraha, Pontie. (2007). Analisis Pengaruh Rasio-rasio Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia. Tesis Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Respati, Harianto dan Prayudo Eri Yandono. (2008). Tinjauan Tentang Variabel-variabel CAMEL Terhadap Laba Usaha Pada Bank Umum dan Bank Swasta Nasional. Jurnal Keuangan dan Perbankan.

Sulistiyono, Arif Gunawan. (2005). Tetap Saja Iklim Indonesia Belum Menarik. Jakarta: Bappeki-Depkeu.

Sudiyatno, Bambang dan Suroso, Jati. (2010). Analisi Pengaruh Dana Pihak Ketiga, BOPO, CAR dan LDR Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Perbankan Yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Universitas Stikubank Semarang.

Werdaningtyas, Hesti. (2002). Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Take Over Pra-merger di Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.