PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KERAJINAN ENCENG GONDOK “AKAR”

Rika Devi Kurniasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, kreativitas produk dan kualitas produk secara serempak terhadap keunggulan bersaing pada kerajinan enceng gondok “AKAR”. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan kerajinan enceng gondok “AKAR”. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) inovasi produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig = 0,000<0,05; β = 0,416), (2) kreativitas produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig = 0,000<0,05; β = 0,305); (3) kualitas produk secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig = 0,000<0,05; β = 0,343); dan (4) inovasi produk, kreativitas produk, dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (sig =  0,000<0,05).

Kata kunci: Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Kualitas Produk, dan  Keunggulan Bersaing


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alabeta.

Dismawan, Rangga. 2013. Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kue Sus. Jurusan manajemn Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.

Hills, Gerald. 2008. Marketing and Entrepreneur-ship, Research Ideas and Opportunities, Journal of Small and Medium Entrepreneur-ships.

http://economy.okezone.com/read/2017/04/26/320/1676721/market-share-hanya-1-4-jokowi-siap-intervensi-pasar-industri-kerajinan

http://presidenri.go.id/berita-aktual/inacraft-2017-industri-kreatif-masa-depan-indonesia.html

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2005. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Dan Pengendalian, Jilid Dua, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2012, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 2, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks.

Kurniawan, Bagus Putu. 2006. Pengaruh Kreativitas dan Peranan Sistem Informasi terhadap Inovasi, Kinerja, Pemasaran, Dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Perusahaan Farmasi di Provinsi Jawa Timur. Disertasi.

Mansur, Muhammad. 2013. Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Umkm Kerajinan Keramik Dinoyo Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.

Mulyadi, Welly, dkk. 2016. Pengaruh Inovasi, Kreativitas, Dan Kepuasan Konsumen terhadap keunggulan kompetitif. Prosiding Seminar Nasionaldan teknologi Informasi.

Nasution, M. N., 2005. Manajemen mutu terpadu (total quality management). Ghalia Indonesia, Bogor.

Porter, Michael E. 1998. Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta : Binarupa Aksara

Prajogo, D. & Sohal, A. 2003. The Relationships be-tween TQM Practices, Quality Performance, and Innovation Performance. International Journal of Quality and Reliability Management.

Satyagraha, Hadi. 1994. Keunggulan Bersaing dan Aliansi Strategis: Resefinisi SWOT. Usahawan. No.4,Th.XXIII.

Supriadi, D. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menunju Sukses, Edisi Revisi, Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2005. Total Quality Manajemen. Yogyakarta : Andi.

Wahyudin. Nanang. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Pada Sekolah Tinggi Dan Akademi Di Semarang. Holistic Journal of Management Research Vol. 3, No. 2, Agustus 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.