DETERMINAN BID-ASK SPREAD SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ 45

Nelly Ifada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Volume Perdagangan Saham, Return Saham, Varian Return Saham, dan Frekuensi Perdagangan Saham terhadap Bid-Ask Spread Saham perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45. Periode penelitian ini adalah dua tahun selama tahun 2015-2016. Penelitian ini bersifat asosiatif kausalitas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45 selama tahun 2015-2016. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang memenuhi persyaratan adalah sebanyak 20 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Volume Perdagangan Saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap Bid-Ask Spread Saham. Return Saham terbukti tidak berpengaruh terhadap Bid-Ask Spread saham. Varian Return Saham berpengaruh positif terhadap Bid-Ask Spread saham. Frekuensi Perdagangan Saham terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Bid-Ask Spread Saham. Kemampuan variabel independen yaitu Volume Perdagangan Saham, Return Saham, Varian Return Saham, dan Frekuensi Perdagangan Saham dalam menjelaskan variasi variabel Bid-Ask Spread Saham sebesar 0,112 atau 11,2% sedangkan sisanya 88,8% dijelaskan oleh variabel di luar model penelitian.

Kata kunci: Bid-Ask Spread Saham, Volume Perdagangan Saham, Varian Return Saham, Return Saham dan Frekuensi Perdagangan Saham


Full Text:

PDF

References


Adisetia, Lukman Dwi. (2013). Pengaruh Harga, Volume Perdagangan dan Volatility Saham terhadap Bid-Ask Spread Saham pada Indeks LQ45. Kindai.

Ambarwati, Sri Dwi Ari. (2008). Pengaruh Return Saham, Volume Perdagangan Saham, dan Varian Return Saham terhadap Bid-Ask Spread Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45 Tahun 2003-2005. Jurnal Siasat Bisnis.

Chan, K. & Seow, G. (1995). The Effects of Inventory Costs and Adverse Information on Relative Bid-Ask Spreads: The Case of Telefonos De Mexico Shares. Financial Practice and Education.

Copeland, T. & Galai, D. (1983). Information Effects on The Bid-Ask Spread. The Journal of Finance.

Erwin, Gayle R. & James Miller. (1998). The Liquidity Effects Associated with Addition of A Stock to the S&P 500 Index: Evidence from Bid/Ask Spreads. Financial Review.

Fitriyah. (2016). Analisis Determinan Bid-Ask Spread pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi ke 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Barbara. (2005). Pengaruh Volume Perdagangan Saham dan Return terhadap Bid-Ask Spread dengan Model Koreksi Kesalahan (Studi Empiris Saham Industri Farmasi di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Investasi.

Harris, Larry. (2002). Trading and Exhanges: Market Microstructure for Practitioners. Oxford: Oxford University Press.

Krinsky, Itzhak & Lee, Jason. (1996). Earning Announcements and The Component of The Bid-Ask Spread. The Journal of Finance.

Mudjijah, Slamet. (2017). Return Share, Trading Volume and Share Price Volatility Effect on The Bid-Ask Spread of Companies Registered in LQ-45 Index in the Indonesia Stock Exchange. International Journal Applied Business and Economic Research.

Nurhayati, Andriyani. (2012). Pengaruh Return Saham, Volume Perdagangan Saham dan Varian Return Saham terhadap Bid-Ask Spread pada Perusahaan yang Termasuk di Jakarta Islamic Index Periode 2008-2010. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Paramita, F. D. & Yulianto, Agung. (2014). Pengaruh Harga Saham, Volume Perdagangan, Likuiditas dan Leverage terhadap Bid-Ask Spread (Studi pada Perusahaan Index JII di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2013). Accounting Analysis Journal.

Purwani, Ratih. (2010). Pengaruh Return Saham, Volume Perdagangan Saham, dan Frekuensi Perdagangan Saham terhadap Bid-Ask Spread pada Perusahaan yang Melakukan Stock Split di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekstasi.

Rasyidi, L. & Murdayanti, Yunika. (2013). Pengaruh Asset Size, Closing Price, Likuiditas, Varian Return, dan Volume Perdagangan Saham terhadap Bid-Ask Spread pada Perusahaan Real Estate dan Properti yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi.

Stoll, Hans R. (1989). Inferring The Components of The Bid-Ask Spread: Theory and Empirical Test. The Journal of Finance.

Surya, Kuntara. (2016). Pengaruh Harga Saham, Volume Perdagangan, Market Value dan Varian Return terhadap Bid Ask Spread. Jurnal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.