PREFERENSI KONSUMEN PADA STASIUN JOGJA TV

Mustofa Nur Khalisma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi preferensi konsumen pada stasiun Jogja TV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah para pemirsa Jogja TV, konsumen instansi yang menggunakan Jogja TV, dan pengelola Jogja TV. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kepada pengelola Jogja TV dapat disimpulkan Jogja TV telah berhasil mencitrakan dirinya sebagai stasiun televisi budaya, akan tetapi Jogja TV dalam menyiarkan program-programnya belum maksimal karena beberapa kendala, antara lain; keterbatasan biaya, peralatan yang sudah tua, sumberdaya manusia yang kurang berkualitas, dan tidak adanya kepastian regulasi dari pemerintah. Menurut prespektif instansi yang pernah menggunakan Jogja TV sebagai media promosi, Jogja TV dinilai mudah secara administrasi dan penjadwalan sehingga membuat instansi tersebut lebih memilih Jogja TV daripada stasiun televisi lain. Namun perlu ditingkatkan lagi koordinasi Jogja TV dengan instansi yang berkerjasama dengan Jogja TV. Menurut prespektif pemirsa Jogja TV banyak pemirsa yang menyaksikan Jogja TV karena acaranya bersifat kedaerahan dan menampilkan konten-konten kebudayaan. Namun, pemirsa tidak memiliki preferensi yang kuat terhadap Jogja TV, pemirsa hanya menyaksikan Jogja TV pada program-program tertentu saja yang pemirsa sukai. Pemirsa menginginkan adanya terobosan baru dan variasi program dari Jogja TV.

 

Kata kunci: Preferensi, Program, Jogja TV


Full Text:

PDF

References


Kuswandi, Wawan. (1996). Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta:Rineka Cipta

Munyoki, Justus M & Kirigo, Wachira Rose. (2011). Factors Affecting Preference fot Television News Channels among School Teachers with Special Reference to District Sirsa, Haryana. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR) Vol 2 (6), ISSN: 2454-1362

Nielsen. (2014). Konsumsi Media Lebih Tinggi Di Luar Jawa. Di akses pada 01 Januari 2017 pukul 16.00. http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/nielsen-konsumsi-media-lebih-tinggi-di-luar-jawa.html

Stephanie, Brian .(2010). Studi Mengenai Faktor-Faktor Preferensi Konsumsi Televisi Lokal Di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Wijaya, Tony. (2017). Eksplorasi Preferensi Konsumen pada Stasiun TVRI. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Solusi, Volume 12, Nomer 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.