PENGARUH KECUKUPAN MODAL, RISIKO KREDIT, EFISIENSI OPERASIONAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA

Eirene Adhistya Andrayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Efisiensi Operasional, dan Likuiditas terhadap Profitabilitas bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda dengan metode Ordinary Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecukupan Modal dan Likuiditas pada tahun 2014-2016 tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas bank konvensional, sedangkan Risiko Kredit dan Efisiensi Operasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas bank umum konvensional. Hasil uji F menunjukkan bahwa Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Efisiensi Operasional, dan Likuiditas berpengaruh terhadap Profitabilitas, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji adjusted R2 menunjukkan bahwa Profitabilitas dipengaruhi oleh Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Efisiensi Operasional, dan Likuiditas sebesar 48,1%, sedangkan sisanya sebesar 51,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

 Kata Kunci: Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Efisiensi Operasional, Likuiditas, Profitabilitas


Full Text:

PDF

References


Ade, Athesa. (2006). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Grafindo

Caroline & David. (2011). Hubungan Efisiensi Operasional dengan Kinerja Profitabilitas pada Sektor Perbankan yang Go Public di BEI. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan. Bogor: Bogor Ghalia Indonesia.

Dewi, L. E., Herawati, N. T., & Sulindawati, N. L. (2015). Analisis Pengaruh NIM, BOPO, LDR, dan NPL Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Bank Umum Swasta Nasional yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Anaslisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Kasmir. (2002). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Grafindo

Kuncoro. (2002). Manajemen Perbankan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Limpaphayom, P., & Polwitoon, S. (2004). Bank Relationship and Firm Performance: Evidence from Thailand before The Asian Financial Crisis. Journal of Bussiness Finance and Accounting.

Mawardi, Wisnu. 2005. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum dengan Total Aset Kurang dari 1 Triliun). Jurnal Bisnis Strategi.

Merkusiwati, N. K. (2007). Evaluasi Pengaruh CAMEL Terhadap Kinerja. Buletin Studi Ekonomi.

Nusantara, A. B. (2009). Analisis Pengaruh NPL, CAR, LDR, dan BOPO Terhadap Profitabilitas Bank. Jurnal Universitas Diponegoro.

Peraturan Bank Indonesia No. 10/25/PBI/2008 tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank

Prasnanugraha, P. P. (2007). Analisis Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Bank Umum di Indonesia (Studi Empiris Bank-Bank Umum yang Beroperasi di Indonesia). Jurnal Universitas Diponegoro.

Suyono, Agus. (2005). Analisis RaSIO-Rasio Bank yang Berpengaruh Terhadap ROA. Jurnal UNDIP

Setiadi, P. B. (2010). Analisis Hubungan Spread of Interest Rate, Fee Based Income, dan Loan to Deposit Ratio dengan ROA pada Perbankan di Jawa Timur. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis.

Surat Edaran BI No. 6/23/DPNP tentang Tata Cara Penilaian Kesehatan Bank

Suyono, A. (2005). Analisis Rasio-Rasio Bank yang Berpengaruh Terhadap ROA. Jurnal Unversitas Diponegoro.

Undang-Undang No.10 Tahun 1998 tentang Perbankan Indonesia

Usman, B. (2003). Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba pada Bank-Bank di Indonesia. Media Riset Bisnis dan Manajemen.

Werdaningtyas, H. (2002). Faktor yang Memengaruhi Profitabilitas Bank Take Over Pramerger di Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.