PENGARUH CONSUMER ETHNOCENTRISM DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI DENGAN CITRA MEREK GLOBAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Starbucks Coffee di Yogyakarta)

Vivie Pudyana Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui consumer ethnocentrism dan citra perusahaan terhadap minat beli dengan citra merek global sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Yogyakarta yang menyukai minuman kopi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 195 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) consumer ethnocentrism berpengaruh negatif terhadap citra merek global; (2) citra perusahaan berpengaruh positif terhadap citra merek global; (3) consumer ethnocentrism berpengaruh negatif terhadap minat beli; (4) citra perusahaan berpengaruh positif terhadap minat beli; (5) citra merek global berpengaruh positif terhadap minat beli; (6) consumer ethnocentrism berpengaruh negatif terhadap minat beli dengan citra merek global sebagai variabel mediasi; (7) citra perusahaan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan citra merek global sebagai variabel mediasi. 

Kata kunci: Consumer Ethnocentrism, Citra Perusahaan, Citra Merek Global, Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2004). Leveraging the corporate brand. California management review, 46, 6-18.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif, Rajawali Pers, Jakarta, 2013.

Haque, A., Rahman, S. & Haque, M. (2011). Religiousity, etnhocentricsm, and corporate image towards the perception of young Muslim consumers: Structural Equation modeling approach. European Journal of Social Sciences, 23, 98-108.

Haque, A., Rahman, S., & Yasmin, F. (2012). Exploring the relationship between religiosity, ethnocentrism and corporate image: Young Muslim consumers perspective. Journal of Business and Policy Research, 7, 60-71.

Kinnear, Thomas C. And James R. Taylor. (1995). Marketing Research: An Applied Approach. McGraw Hill Text.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Larsson, Thomas. 2001. The Race to the Top: The Real Story of Globalization. Cato Institute.

Li, Y., Wang, X., & Yang, Z. (2011). The effects of corporate-brand credibility, perceived corporatebrand origin, and self-image congruence on purchase intention: Evidence from China’s auto industry. Journal of Global Marketing, 24, 58-68

Ryu, K., Lee, H. R., & Kim, W. G. (2012). The influence of the quality of the physical environment, food, and service on restaurant image, customer perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 24, 200-223.

Sharma, S., Shimp, T.A., & Shin, J. (1995). Consumer ethnocentrism: A test of antecedents and moderators. Journal of the Academy of Marketing Science, 23, 26-37.

Shimp, T. A., & Sharma, S. (1987). Consumer Ethnocentrism: Construction and Validation of the CETSCALE. Journal of Marketing Research , XXIV (3), 280-289.

Tariq, M.I. Tariq, M.I., Nawaz, M.R., Nawaz, M.M. and Butt, H.A. (2013). Customer Perceptions about Branding and Purchase Intention: A Study of FMCG in an Emerging Market. J. Basic Appl. Sci. Res. 3(2): 340-347

Tassuru, Hammam Haris., Salehudin, Imam. 2014. Global Brands and Consumer Ethnocentrism of Youth Soft Drink Consumers in Greater Jakarta, Indonesia. Asean Marketing Journal Vol. VI

Tjiptono, F. Dan M.Craig-Less. 2004. Determinants of Local Brands Survival: A Proponed Framework. Procceding of ANZMAC 2004 conference: Marketing Accountabilities and Responsibilities, Victoria University of Wellington, Wellington, New Zealand,29 November-1 Desember

Tjiptono. 2005. Brand Management & Strategy. Edisi Pertama. Penerbit ANDI, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.