PENGARUH GAYA HIDUP SEHAT, SIKAP KONSUMEN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK MAKANAN ORGANIK

Inas Cahyarani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  gaya hidup sehat, sikap konsumen dan persepsi harga terhadap niat pembelian produk makanan organik Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang mengetahui dan memiliki niat untuk membeli makanan organik. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dengan jumlah sebanyak 135 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif gaya hidup sehat terhadap niat pembelian produk makanan organik; (2) terdapat pengaruh positif sikap konsumen terhadap niat pembelian produk makanan organik; (3) terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap niat pembelian produk makanan organik; (4) terdapat pengaruh positif gaya hidup sehat, sikap konsumen, dan persepsi harga terhadap niat pembelian produk makanan organik.

 

Kata Kunci: Gaya Hidup Sehat, Sikap Konsumen, Persepsi Harga, Niat Beli, Makanan Organik


Full Text:

PDF

References


Chan, R.Y.K., & Lau, L.B.Y. 2000. Antecedents of Green Purchases. A Survey in China, Journal of Consumer Marketing, 17.338-357.

Diaz FJM, Pleite C, Martinez F, Paz JMM, Garcia PG. 2010. Consumer Knowledge, Consumption, and Willingness To Pay For Organic Tomatoes. British Food Journal. Vol. 114 No. 3, 2012: pp. 318-334.

Fotopoulos, C. and Krystallis, A. (2003). Purchasing motives and profile of the Greek organic consumer: a countrywide survey. British Food Journal, Vol. 104 (9), 730-765

Gracia, A. & Magistris, T. (2007). Organic Food Pro-duct Purchase Behaviour: A Pilot Study for Urban Consumers in the South of Italy. Spanish Journal of Agricultural Research, 5(4): 439–451.

Indrasari, V. (2016). Analisis Perbandingan Sikap Dan Minat Konsumen Dalam Membeli Sayuran Anorganik Dan Organik di Kota Bogor. Thesis.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2010). Principles Of Marketing. 13 Edition. New Jersey . Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall

Kotler, P. & Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid 2. PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta

Limantara, Y. D. P. (2017). Pengaruh Customer Perception Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Multiattribute Attitude Model Pada Produk Makanan Organik. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 11, No. 2, Oktober 2017

Luftiani, E.I. (2016). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Pada Produk Merek Toko (Studi Kasus Pada Konsumen Bio Organik Di Supermarket Superindo Yogyakarta). Skripsi.

Mayrowani. (2012). Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi Vol. 30 No. 2, 91-108

Michaelidou, N., & Hassan, L. M. (2008).The role of health consciousness, food safety concern and ethical identity on attitudes and intentions towards organic food. International Journal of Consumer Studies, 32(2), 163-170

Nijmeir, M., Anthony, W., & Brian, A. (2004). An exploration of the relationships between food lifestyle and vegetable consumption. Britsh Food Journal Vol 106 No 7.

Roddy, G., Cowan, A. C. & Hutchinson, G. (1996). Consumer Attitudes and Behaviour to Organic Foods in Ireland. Journal of International Consumer Marketing, 9:2, 41-63.

Sa’id, E.G., (1994). Dampak Negatif Pestisida, Sebuah Catatan bagi Kita Semua. Agrotek, Vol. 2(1). IPB, Bogor, hal 71-72.

Sukma, A., P. (2012). Kesadaran Kesehatan dan Gaya Hidup Sehat dengan Sikap Konsumen Pada Makanan Organik. Skripsi

Suprapto, B. & Wijaya, T. (2012). Intention of Indonesian Consumers on Buying Organic Food. International Journal of Trade, Economics and Finance.

Syaifulloh, M., dan Iriani, S. (2013). Pengaruh gaya Hidup Sehat dan Interactive Marketing terhadap Niat Beli Quaker Oats. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 1, No. 4, 2013.

Tarkiainen A. and Sundqvist S. (2005), Subjective norms, attitudes and intentions of Finnish consumers in buying organic food. British Food Journal, vol. 107, no. 11, pp. 808-822, 2005.

Waskito, M. D. Ananto, Z, dan Rezza A. S.P. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Organik Di Yogyakarta. Jurnal Pelita Volume IX, Nomor 1, April 2014

Wijaya, T., (2017). Nilai Orientasi Alami Manusia dan Pengetahuan Organik Sebagai Determinan Perilaku Beli Pangan Organik. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 21, No 2, 2017, 161-180.

_________. (2013). Sikap terhadap Makanan Organik, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Konsumen Makanan Organik: Konsep dan Pengukuran. Jurnal Ilmu Sosial dan Ekonomi.

__________ (2014). Nilai dan Pengetahuan Sebagai Prediktor Intensi Beli Makanan Organik. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 16, No. 1.

www.organicindonesia.org. Diambil dari http://www.organicindonesia.org/ 05infodata-news.php?id=443. Diakses pada 24 Desember 2017 pukul 21:00 WIB

www.pom.go.id. (2016). Diambil di http://ulpk.pom.go.id/ulpk/index.php? page=data&id=0&sub_id=23. Diakses Pada 03 Januari 2018 pukul 16:00 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.