PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, RASIO KEUANGAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA

Dandy Reza Kameswara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance yang diproksikan dengan Kualitas Audit dan Kepemilikan Institusional, Rasio Keuangan yang diproksikan dengan Net Profit Margin, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian adalah tahun 2014-2016 dengan desain penelitian asosiatif kausalitas. Populasi penelitian meliputi seluruh Perusahaan Manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode pengamatan tahun 2013-2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 24 sampel perusahaan. Metode analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Manajemen Laba. Net Profit Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manajemen Laba. Kepemiikan Institusional dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba.

Kata Kunci: Kualitas Audit, Kepemilikan Institusional, Net Profit Margin, Ukuran Perusahaan, dan Manajemen Laba


Full Text:

PDF

References


Abdillah, S. Y., Susilawati, R. A., & Purwanto, N. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Pada Manajemen Laba. Journal Riset Mahasiswa Akuntansi, Vol.4, No.1, 1-14.

Agustia, Dian. (2013). Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 1.

Amijaya, Muhammad Dody dan Prastiwi Andri. (2013). Pengaruh Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 2 No.3.

Fauziyah, Nuriyatun. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage terhadap Manajemen Laba melalui Manipulasi Aktivitas Riil pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghazalie, Aziatul Waznah, Nur Aima Shafie dan Zuraidah Mohd Sanusi. (2015). Earnings Management: An Analysis of Opportunistic Behavior, Monitoring Mechanism and Financial Distress. Procedia Economic and Finance. Universiti Teknologi MARA.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan penerbit UNDIP.

Guna, W., I dan Arleen Herawaty. (2010). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Kualitas Audit dan Faktor Lainnya terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol 12, No. 1, April 2010, STIE Trisakti, Jakarta.

Hassan, Shehu Usman., Farouk, Musa Adeiza. (2014) Firm Atributes and Earning Quality of Lised Oil and Gas Companies in Nigeria. Review of Contemporarry Business Research Vol. 3, No. 1.

Hwihanus dan H. Qurba. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba pada Perusahaan Industri yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.14.

Midiastuty, P., dan Mas’ud Machfoedz. (2003). Analisis Hubungan Mekanisme Corporate Governance dan Indikasi Manajemen Laba. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.

Murhadi, W. R. (2009). Studi Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Praktik Earnings Management pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11 (1): 1-10.

Musaroh dan Muniya Alteza. (2011). Pengaruh Corporate Governance terhadap Manajemen Laba. Kajian Riset Manajemen, Vol. 5, No. 3.

Ningsaptiti, Restie. (2010). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Rice. (2013). Pengaruh Rasio Keuangan dan Corporate Governance terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Kompas100. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol. 3, No. 2.

Sanjaya, I Putu Sugiarta. 2008. Auditor Eksternal, Komite Audit, dan Manajemen Laba. Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 11.

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS Pada Statistik Deskriptif Parametrik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Siallagan, H. & Machfoedz, M. (2006). Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Makalah dipresentasikan dalam Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.

Sosiawan,Santhi Yuliana. (2012). Pengaruh Komoensasi, Leverage, Ukuran Perusahaan, Earning Power terhadap Manajemen Laba. JRAK. Vol. 8 No. 1.

Sukirno, et al. (2017). Pengaruh Komite Audit, Kepemilikan Institusional, dan Persentase Saham Publik terhadap Aktivitas Manajemen Laba. Jurnal Nominal. Vol. 6 No. 1.

Suwito dan Herawaty. (2005). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Tindakan Perataan Laba yang dilakukan oleh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. SNA VIII Solo. September.

Turnip, Artamita Caroline, Dudi Pratomo, Siska Priyandani Yudowati. (2016). Pengaruh Kualitas Audit dan Kepemilikan Manajerial terhadap Manajemen Laba. E-Proceeding of Management, Vol. 3, No. 3.

Wiryadi, Arri dan Nurzi Sebrina. 2013. “Pengaruh Asimetri Informasi, Kualitas Audit dan Struktur Kepemilikan terhadap Manajemen Laba”. Proceeding WRA, Vol.1 No.2. hal 155. Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.