PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen Smartphone Lenovo di DIY)

Alfian Surya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen smartphone Lenovo, (2) pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen smartphone Lenovo, dan (3) pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen smartphone Lenovo.Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan atau yang pernah membeli smartphone Lenovo di DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,024 dengan nilai signifikansi sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05 (0,045<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,101; (2) Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,713 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,757; dan (3) Citra merek dan kepercayaan merek secara simultan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, dibuktikan dengan hasil nilai F hitung sebesar 19,596 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05).

Kata Kunci : Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF

References


Adiwibowo, Bambang. 2018. “Pengaruh Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Belwish Coffee Shop di Bandung”. Universitas Islam Bandung. Vo.4.No.1.

Anggala, Dewi Sari.2017. “Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Memakai Kosmetik Wardah di Kota Padang”. Jurnal Ekonomi Vol.10. No.2. Uniiversitas Bung Hatta.

Anggraini, Fitri. 2015. “Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Koran Harian Riau Pos”.JOM FISIP Vo.3. No.1 Febuari 2015.

Anjani, Arin. 2017. “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Konsumen Lipstik Revlon di Yogyakarta)”. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Annisa, Mira. 2016. “Pengaruh Citra Merek. Kepercayaan Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus pada Pelanggan Pos Indonesia di Fakultas Ekonomi Univeersitas Negeri Yogyakata)”. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anshori, Muhammad Choirul. 2016. “Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pengguna Android Merek Samsung (Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi Dan Bisnis)”. Universitas Telkom.

Arif, Budiman Jonathan. 2013.” PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK CARDINAL”. Universitas Kristen Maranatha.

Dimas, Pramudya. 2015. “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC pada KFC Cabang Ring Road Medan”. Universitas Sumatra Utara.

Dyah Ayu, Anisha. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT Pertamina(Persero) Enduro 4T Di Kota Makassar”. Jurnal Manajemen Vol, 5, No, 1 Maret 2012.

Erna, Ferrinadewi. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Hurriyati, Ratih M.Si. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas. Edisi Ketiga. Bandung : Alfabeta.

Keller. 1993. How to Manage Brand Equity. Diambil dari: http://www.merekbrandiamge.blogspot.com/2012/12/2-kepercayaan-merek.html. (6 Desember 2017).

Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Kotler, Philip,dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Edisi ketigabelas. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Aditya Shendi. 2011. “Pengaruh Trust in a brand Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Staruck Coffee di Semarang)”.Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Prabowo, T. Ari. 2007. “Analisis Brand Image Handphone Merek Nokia Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kecamatan Kebonmas Kabupaten Gresik”. Jurnal. Gresik : Universitas Muhammadiyah Gresik.

Prabowo, Satrio. 2014. “Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Karya Indah Buana Cepat Cabang Mojokerto”. Jurnal Ilmiah FEB Vol.2 No.2. Universitas Brawijaya.

Raka ,Kurnia Wicaksono. 2010. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Coca cola (Studi pada Konsumen Coca cola di Kota Malang)”. Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung :CV Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Untari, Nindria. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Anggota Komunitas Sepada Montor Vario 125cc di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen. Universitas Negeri Surabaya.

Yawendra, Ruchira Yodha. 2014. “Pengaruh Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen PT. JNE Cabang Pembantu Ahmad Yani di Bandung”.Universitas Widyatama Utama.

http://techno.okezone.com diakses pada tanggal 1 November 2017 pukul 09.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.