ANALISIS FAKTOR INTERNAL BANK TERHADAP CAPITAL BUFFER PADA INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA

Tyas Utaminingrum Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Equity, Non Performing Loans, Lag of Capital Buffer, Loan to Total Assets dan Income Diversification terhadap Capital Buffer pada Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2012-2016. Penelitian ini tergolong penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Return On Equity (ROE), Non Performing Loans (NPL), Loan to Total Assets (LOTA), Income Diversification (IDIV) tidak berpengaruh terhadap Capital Buffer Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan Lag of Capital Buffer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Capital Buffer Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

Kata kunci: Capital Buffer, Return on Equity, Non Performing Loans, Lag of Capital Buffer, Loan to Total Assets, Income Diversification.


Full Text:

PDF

References


Anggitasari, A. A. (2013). Hubungan Simultan Antara Capital Buffer dan Risiko. Diponegoro Journal of Management.

Ayuso, J., Perez, D. dan Saurina, J. (2004). Are Capital Buffers Pro-Cyclical? Evidence from Spanish Panel Data. Journal of Financial Intermediation (13): 249–264.

Bayuseno, V dan Chabahib, M.(2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Capital Buffer Perbankan di Indonesia (Studi Pada Bank-Bank Konvesional Go Public Periode 2010-2013). Diponegoro Journal of Management Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 1-13.

D’Avack, Francesco dan Sandrine Levasseur, (2007). The Determinants of Capital Buffers in CEECs (Central and Eastern European Countries). Observatoire Francais des Conjonctures Economiques.

Estrella, A. (2004). The Cyclical Behavior of Optimal Bank Capital, Journal of Banking and Finance28, pp.1469-1498.

Fauzia, N.A dan Idris (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capital Buffer (Studi Kasus pada Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Diponegoro Journal of Management Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016, Halaman 1-12.

Fikri, M. R. (2012). Determinants of Commercial Bank’s Capital Buffer in Indonesia. Diponegoro Journal of Management.

Fitriyantika, T., dan Saragih, Ferdinan D., (2013) Pengaruh Siklus Bisnis dan Diversifikasi Pendapatan Terhadap Perubahan Capital Buffer dan Perubahan Risiko. Jurnal Universitas Indonesia.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20 Cetakan VI. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. (2003). Ekonometrika Dasar.

Jakarta: Erlangga

Ichtiani, Hartika (2017). Faktor yang Mempengaruhi Capital Buffer Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Lepetit, L., Nys, E., Rous, P. dan Tarazi, A., (2007). Bank Income Structure and Risk: An Empirical Analysis of European Banks. Journal of Banking & Finance, Vol.32: 1452 – 1467.

Purwati et al. (2016). Analisis Hubungan Jangka Panjang dan Jangka Pendek antara NPL, ROE, SIZE, dan Lota Terhadap Capital Buffer. Jurnal FEB Unsoed.

Shim, Jeungbo. (2013). Bank capital buffer and portofolio risk: the influence of business and revenue diversification. Journal of Banking and Finance.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 17 & Smart PLS 2. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.