DETERMINAN KEPUTUSAN STOCK SPLIT PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEI)

Nadia Rachma Puspita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kemahalan harga saham, kinerja keuangan perusahaan, dan likuiditas perdagangan saham terhadap keputusan stock split pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan adalah tahun 2014-2016. Penelitian ini tergolong penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemahalan Harga Saham dengan proksi PER dan PBV berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan stock split perusahaan. Kinerja Keuangan Perusahaan dengan proksi EPS memiliki pengaruh positif signifkan terhadap keputusan stock split perusahaan sedangkan dengan proksi ROA berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan stock split perusahaan. Likuiditas Perdagangan Saham yang diproksikan dengan TVA berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan stock split perusahaan. Nilai Nagelkerke R Square dalam penelitian ini sebesar 0,702 yang berarti kemampuan variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 70,2%. Sisanya sebesar 29,8% variabel dependen dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

 

Kata kunci: Keputusan Stock Split, Tingkat Kemahalan Harga Saham, Kinerja Keuangan Perusahaan, Likuiditas Perdagangan Saham


Full Text:

PDF

References


Alteza, Muniya. (2008). Kinerja Keuangan dan Harga Saham sebagai Determinan Keputusan Stock Split (Studi Empiris terhadap Perusahaan Terdaftar di BEJ). Manajemen Usahawan Indonesia, No. 01/Th.XXXVII, hal 14-19.

Alteza, M., Hidayati, L.N., & Darmawati, A. (2014). Perubahan Likuiditas Akibat Pemecahan Saham: Studi di Pasar Modal Indonesia. Jurnal Economia, Vol 10, No 1, hal 81-95.

Ang, Robert.(1997). Buku Pintar : Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Media Soft Indonesia.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. (2012). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Baker, H.K. & Gallagher, P. (1980). Management’s view of stock split. Financial Management, Vol 9, p.73;77.

Budiardjo, Djoni dan Joshe Hana Hapsari. (2011). Pertumbuhan Earning Per Share, Price To Book Value dan Price Earning Ratio Sebagai Dasar Keputusan Stock Split. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13 (1).

Darmadji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhrudin. (2011). Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga.Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mamduh M. (2004). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Handayani, N.P.P.D & Yasa, G.W. (2017). Analisis Tingkat Kemahalan Harga , Return Saham, EPS, dan Likuiditas Perdagangan Saham Terhadap Keputusan Stock Split. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.19.1 April : 827-854

Husnan, S., Mamduh, M., & Wibowo, A. (1996). Dampak pengumuman laporan keuangan terhadap kegiatan perdagangan saham dan variabilitas tingkat keuntungan. Kelola 5 (11), 110-125.

Khomsiyah & Sulistyo. (2001). Faktor Tingkat Kemahalan Harga Saham, Kinerja Keuangan Perusahaan dan keputusan pemecahan saham (stock split): Aplikasi analisis diskriminan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 16, 388-400.

Kristiawati, F. (2004). Analisis likuiditas saham sebelum dan sesudah stock split. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lliyd, Bruce. (1976). The Role of Capital Market in Developing Countries. Spring The Mortgage and Wall Street. Intereconomics, 12(3), hal 96-102.

Marwata. (2001).Kinerja Keuangan, Harga Saham, dan pemecahan Saham. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol 4.No 2,hal 151-164.

Margasari, N., Alteza, M., & Musaroh. (2015). Sinyal Laba dalam Peristiwa Pemecahan Saham di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Economia, Vol 11, No 2, hal 134-142.

Rohana, Jeannet, & Mukhlaisin. (2003). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi stock split dan dampak yang ditimbulkannya. Simposium Nasional Akuntansi VI, 601-613.

Widyastuti, H. & Usmara. (2005). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi stock split dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 6, 225-241.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.