PENGARUH FAKTOR SIKAP PADA PRODUCT PLACEMENT TERHADAP MINAT BELI PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE DI ACARA TALKSHOW TELEVISI MATA NAJWA

Irfana Surya Dwiantana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sikap pada product placement (kesesuaian, etika dan regulasi, perhatian, referensi, ketertarikan) terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh warga di Kota Yogyakarta usia 18 – 56 tahun yang pernah menyaksikan acara talkshow Mata Najwa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis dengan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kesesuaian terhadap minat beli produk Luwak White Koffie; (2) terdapat pengaruh positif etika dan regulasi terhadap minat beli produk Luwak White Koffie; (3) terdapat pengaruh positif antara perhatian terhadap minat beli produk Luwak White; (4) tidak ada pengaruh antara referensi terhadap minat beli produk Luwak White Koffie; (5) terdapat pengaruh positif antara ketertarikan terhadap minat beli produk Luwak White Koffie.

Kata kunci: Product Placement, Kesesuaian, Etika dan regulasi, Perhatian, Referensi, Ketertarikan, Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Anita, Fransiska Subari. (2012). Analisa Product placement Dalam Sinetron Pada Jam Tayang Utama Di Saluran Televisi Swasta Indonesia, Lembaga Penelitian dan

Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan 2012.

D’Astous, Alain., SeÂguin, Nathalie. (1998).

“Consumer Reactions to Product placement Strategies in Television Sponsorship”. European Journal of Marketing, 33 (9/10), 896-909.

Gupta, Pola B., and Gould, S J. (1997).

“Consumer Perception of the Ethics and Acceptability of Product placement in Movies: Product Category and Individual Differences”. Journal of Current Issues and Research in Advertising, 14, 37-50

.

Kumalawati, Jessica W. dan Leonid Julivan

Rumambi. (2012). Analisa Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement Apple Pada Film “Mission Impossible 4 (Ghost Protocol)”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1, No 1, (2012) 1-7. Universitas Kristen Petra

Kuntarto, Febri. (2007). Analisis Sikap Audience Remaja Terhadap Product placement Dalam Film (Studi Kasus Film Fantastic Four: Rise of The Surfer)”. Skripsi. Jakarta.FE UI.

Rumambi, Leonid Julivan. (2008). Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement dalam Acara TV (Studi Kasus Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007), Rumambi: Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement, 50- 65. Universitas Kristen Petra.

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks

Tandiono, Evy dan Leonid Julivan Rumambi. (2013). Analisa Pengaruh Product Placement Dan Brand Recall Volvo Terhadap Sikap Konsumen Dalam Film

“Twilight Saga: Breaking Dawn (Part 2)”. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, (2013) 1-8. Universitas Kristen Petra

Website http://www.aeki- aice.org/page/konsumsi-kopi-domestik/id (27 Oktober 2016).

www.google.com

website http://www.kpi.go.id/.

Website http://matanajwa.com/read/about. (diakses 27 Oktober 2016).

website http://www.topbrand-award.com/top- brand-survey/survey-result (27 Oktober 2016).

Zulganef & Alda Ramadhika. (2014). Analisis efek product placement dan brand awarness terhadap niat beli, 3rd Economic and Research Bussines Festival, 372-385, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.