PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, PERSEPSI PRIVACY, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN ONLINE DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada pengguna media sosial Instagram di Yogyakarta)

Cindy Dwi Fatikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi keamanan, persepsi privacy, dan brand awareness terhadap kepercayaan konsumen online dengan kepuasan sebagai variabel mediasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah kosumen online media sosial Instagram di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 190 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana dan uji sobel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Persepsi Keamanan, Persepsi Privacy, dan Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan konsumen online dengan Kepuasan sebagai variabel Mediasi, dibuktikan dari koefisien mediasi Persepsi Keamanan sebesar 0,1549 lebih kecil dari nilai pengaruh langsung sebesar 0,530; koefisien mediasi Persepsi Privacy sebesar 0,1970 lebih kecil dari nilai pengaruh secara langsung sebesar 0,695; dan koefisien mediasi Brand Awareness sebesar 0,0849 lebih kecil dari pengaruh secara langsung sebesar 0,376 sehingga variabel mediasi terbukti memediasi secara parsial atau lemah.

Kata Kunci: Persepsi Keamanan, Persepsi Privacy, Brand Awareness, Kepuasan, Kepercayaan


Full Text:

PDF

References


Aaker, Daud.,& Erich.(2002).Brand Leadership. New York : The Free

Press.

APJII, A. P.(2012). Diakses di

https://apjii.or.id/survei. Diambil

pada 4 Juni 2017 pukul 14.36 WIB Armesh, H., H. Salarzehi, NM. Yaghoobi, A. Heydari and D. Nikbin.(2010). The Effects of Security and Privacy Information

on Trust and Trustworthiness and Loyalty in Online Marketing in Malaysia. International Journal of Marketing Studies.

Chung, KH. and JI. Shin.(2009). The Relationship Between Site Characteristics, Relationship Quality, and Word of Mouth. International Journal of Business and Information. Chung, KH. and JI. Shin.(2010). The Antecedents and Consequents of Relationship Quality in Internet Shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and

Logistics.

Durianto Dumadi, Sugiyono, dan Le Joko

Budiman.(2004).Brand Equity Ten. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Effenndi, S dan Tukiran.(2014). Metode Penelitian Survei. Jakarta:LP3ES.

Eid, MI.(2011). Determinants of E- commerce Customer Satisfaction, Trust, and Loyalty in Saudi Arabia. Journal of Electronic

Commerce Research.

Flavia’n, C. and M. Guinali’u.(2006).

Consumer Trust, Perceived Security and Privacy Policy Three Basic Elements of Loyalty to a Web Site. Industrial Management & Data Systems. 106 (5).601-620.

Garry, Amstrong., dan Kloter, Philip.(2008). Marketing An Intoduction (Eight Edition) Jilid 2. Terjemahan oleh Damos

Sihombing, PT.Erlangga, Jakarta. Gurung, Anli.(2006).Empirical Investigation of the Relationship of Privacy Socurity,and Trust with

Pengaruh Persepsi Keamanan ..... (Cindy Dwi Fatikasari) 146

Bagi penjual online di media sosial Instagram

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada variabel kepuasan yang terletak pada indikator “penilaian pelanggan” mendapat skor terendah (499), oleh karena itu, penjual online di instagram disarankan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dengan cara memberikan informasi yang luas seperti gambar detail produk, ukuran, warna, harga, cara pembayaran, cara pemesanan produk, serta cara pengiriman produk yang jelas kepada konsumen online di instagram. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan faktor lain yang dapat mempengaruhi kepercayaan dan kepuasan konsumen online selain faktor brand awareness, persepsi keamanan, dan persepsi privacy, misalnya misalnya faktor manfaat, kemudahan, kualitas informasi dan tampilan produk.

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Edisi 2

Tahun 2018

Behavioral Intention toTransact in E-Commerce.The University of Texas at Arlingo.

Hariyanto, Bambang.(2009).Sistem Operasi.Bandung:Informatika.

Jin, B. and JY. Park.(2006). The Moderating Effect of Online Purchase Experience on the Evaluation of Online Store Attributes and the Subsequent Impact on Market Response Outcomes. Advances in Consumer

Research. 33. 203-211.

Kassim, N.M dan Abdullah, N.(2010).The

Effect Of Perceived Service QualityDimensions on CustomerSatisfaction, Trust and Loyalty in E-commerce Setting: A Cross Cultural Analysis. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.

Kinasih, Bondan Satrio.(2012).Pengaruh Persepsi Keamanandan Privasi Terhadap Kepuasa dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Manajemen. Vol.16,No.1,

Januari 2012: 25-38.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong.(2008).

Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga

Nazar, Rafki dan Syahran.(2008).Pegaruh privasi, Keamanan, Kepercayaan dan Pengalaman terhadap Niat untuk bertransaksi secara

online.SNA.XI.

Roca, JC., JJ. Garci’a and JJ. de la

Vega.(2009).The Importance of Perceived Trust, Security and Privacy in Online Trading Systems. Information Management & Computer Security. 17 (2). 96- 113.

www.tekno.kompas.com.(2016). Diambil di https://www.google.co.id/amp/`s/a

pp. kompas.com/amp/tekno/read/2016/ 10/24/15064727/2016.pengguna.in ternet.diindonesia.capai.132juta. Diakses pada 4 Juni 2017 pukul 14.40 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.