PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN DI PT MIROTA KAMPUS YOGYAKARTA

Monica Dwi Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap turnover intention pada karyawan PT Mirota kampus Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT Mirota Kampus Yogyakarta. Teknik penentuan sampel menggunakan cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak 150 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention pada karyawan PT Mirota Kampus Yogyakarta (β = -0,506; p=0,000; ΔR2 = 25,1%); (2) lingkungan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention pada karyawan PT Mirota Kampus Yogyakarta (β = -0,499; p=0,000; ΔR2 = 24,7%); dan (3) kepuasan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention pada karyawan PT Mirota Kampus Yogyakarta (variabel kepuasan kerja (β = -0,430 dan p=0,000; variabel lingkungan kerja β = -0,422; p=0,000; ΔR2 = 42,2%).


Kata kunci: Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, dan Turnover Intention


Full Text:

PDF

References


Bramantara, Gusti,Ngurah, Berlim dan Dewi, A.A,Sagung, Kartika. 2015. Kepuasan Kerja dan Lingkungan kerja terhadap Turnover Intention Karyawan pada Krisna Oleh-oleh Khas Bali III.Bali. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol 4, No 1.

Campbell D. T., & Fiske, D. W. (1959). Convergent and discriminant validation by the multitrait-multimethod matrix. Psychological Bulletin, 56, 81-105.

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Mobley, W. H. 1986. Pergantian Karyawan: Sebab, Akibat dan Pengendaliannya. Alih Bahasa:

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Edisi 1 Tahun 2018

Nurul Imam. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Novliadi, P. 2007. Intensi Turnover Karyawan Ditinjau dari Budaya Perusahaan dan Kepuasan Kerja. Makalah: Fakultas Kedokteran, Jurusan Psikologi USU.

Robbins, S. & Judge, T. A. 2006. Organizational Behaviour. 14th ed., Global ed.New Jersey: McGraw-Hill.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: Mandar Maju.

Wisantyo, Nurmalitasari Indah dan Madiistriyatno, Harries. 2015. Pengaruh Stres Kerja, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Intensi Turnover (Studi pada Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi danUsaha Mikro, Kecil dan Menengah). Jurnal MIX, Volume V, No. 1, Feb 2015.

Witasari, Lia. (2009). “Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intentions (Studi Empiris pada Novotel Semarang)”. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Yuliasia, Yeni dkk. 2012. Analisis Variabel yang Mempengaruhi Keinginan Berpindah (Turnover Intention) dengan Struktural Equation Modelling (SEM) Pada PT Wonokoyo Jaya Corporindo, Pasuruan. Volume 13, No 1 Jurnal Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.