PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

Rizka Dwi Widyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesempatan Investasi, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2014-2016. Penelitian ini tergolong penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kesempatan Investasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Kata kunci: Kebijakan Dividen, Kesempatan Investasi, Profitabilitas, Likuiditas
Abstract


Full Text:

PDF

References


Arilaha, Muhammad Asril. (2009). Pengaruh Free Cash Flow, Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol. 13 No. 1, Januari 2009 (78-87).

Aqsho, Muhammad Nur. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Posisi Kas, Growth, Leverage, dan Likuiditas terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Real Estate And Property yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ekasiwi, Herdiani Restu. (2012). Analisis Pengaruh Manajemen Laba dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public yang terdaftar di BEI 2007-2009). Jurnal Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Edisi 1 Tahun 2018

Elloumi, Fathi dan Jena-Pierre Gueyle. (2001). CEO Compensation, IOS, and The Role of Corporate Governance. Corporate Governance Journal Vol. 1, No.2, p.23-33.

Gaver, Jennifer J., dan Kenneth M.Gaver. (1993). Additional Evidence On The Association Between The Investment Opportunity Set and Corporate Financing, Dividend, and Compensation Policies. Journal Of Accounting And Economics, 16: 125-160.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Cetakan VI. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadianto, Bram dan Herlina. (2010). Prediksi Arus kas bebas, kebijakan utang dan profitabilitas terhadap kemungkinan dibayarkan dividen. Jurnal studi empirik pada emiten pembentuk indeks kompas 100 di BEI. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 3 No. 1, April-Juli 2010 (53-74).

Hanafi, Mamduh M. (2004). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Husnan, Suad. (2001). Manajemen Keuangan Teori Dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek) Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Ismiyanti, Fitri dan Mamduh Hanafi. (2004). Strukur Kepemilikan, Risiko, dan Kebijakan Keuangan: Analisis Persamaan Simultan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol.19, No.2.

Myers, Stewart C. (1977). Determinant of Corporate Borrowing. Journal of Financial Economics.

Nufiati, Nurul Bagus Masruri. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen Kas pada Perusahaan PEFINDO 25. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 4, No. 3, Maret 2015.

Permana, Hendika Arga. (2016). Analisis Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. E-Journal Student UNY Vol. 5 No. 6.

Prihantoro. (2003). Estimasi Pengaruh Dividen Payout Ratio pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis No. 1 Jilid 8. P.7-14.

Sartono, Agus. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Suharli, M. (2007). Pengaruh Profitabilitas dan Invesment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas sebagai Variabel Penguat. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.9, No.1, Mei 2007 (9-17).

Sulistyowati, Agnes, Suhadak dan Achmad Husaini. (2014). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 8 No. 2, Maret 2014.

Tarjo dan Hartono, Jogiyanto. (2003). Analisa Free Cash Flow dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi VI, Ikatan Akuntansi Indonesia, p.278-293.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 17 & Smart PLS 2. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.