PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BUBUK INSTAN (Studi Kasus pada TOP Coffee di Yogyakarta)

Prajanu Pitamakoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan, dan citra merek secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melihat iklan TOP Coffee di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) daya tarik iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (2) citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (3) daya tarik iklan, dan citra merek secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Otentik Jogja.

Kata kunci: Daya Tarik Iklan, Citra Merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Alfian, B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman. Skripsi. Makassar: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Kotler, Philip. (2005). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.

__________. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks

Martopo, A. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Morissan. (2007). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakasa.

Nuryani, Sri (2014). Analisis Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk di Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Riyanto, M. (2008). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan dan Implikasinya Terhadap Sikap Merek. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Pengaruh Daya tarik iklan...( Prajanu Pitamakoro ) 92

Romadhoni, Muhammad. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiadi, J. Nugroho. (2007). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Utama.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi. Amikom

Tampi, D., Agus, S.S., dan Jacky, S.B.S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Scoopy Pada PT. Adicipta Wisesa. Jurnal EMBA, Vol.4 (1): 990-999.

Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

_________. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.