ANALISIS FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Laksita Nirmalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis financial distress Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2008-2010 dan 2014-2016. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor Property, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Altman Modifikasi Z-Score, metode Springate dan metode Zmijewski. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode Altman Modifikasi Z-Score merupakan metode yang paling akurat dalam menganalisis financial distress baik saat keadaan ekonomi sedang buruk ataupun sedang baik, metode Altman Modifikasi Z-Score, Springate dan Zmijewski lebih sesuai digunakan untuk menganalisis financial distress saat keadaan ekonomi suatu negara sedang baik daripada saat ekonomi sedang buruk, metode Springate memiliki standar penentuan kategori distress yang paling sempit, urutan kedua yaitu metode Altman Modifikasi Z-Score dan standar penentuan kategori distress yang paling luas adalah metode Zmijewski.


Kata kunci: Financial Distress, Metode Prediksi Kebangkrutan, Metode Altman Modifikasi Z-Score, Metode Springate, Metode Zmijewski, Tingkat Akurasi, Type I Error, Type II Error


Full Text:

PDF

References


Berzkalne, Irina dan Zelgalve, Elvira. 2013. Bankruptcy Preditcion Models: A Comparative Study of the Baltic Listed Companies. Journal International. University of Latvia.

Burhanuddin, Amalia. 2015. Analisis Pengunaan Metode Altman Z-Score dan Metode Springate untuk Mengetahui Potensi Terjadinya Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Sub Sektor Semen Periode 2009-2013. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Bursa Efek Indonesia. 2017. Laporan Keuangan dan Tahunan. www.idx.co.id. Diakses pada 20 September 2017.

Prabowo, Dani. 2017. “Kondisi Properti Indonesia 2017 Masih Stagnan”. http://properti.kompas.com. Diakses pada 20 September 2017

Prastowo, Dwi. 2011. Analisis Laporan Keuangan Kondep dan Aplikasi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Fatmawati, M. 2012. “Penggunaan Zmijewski Model, The Altman Model, dan The Springate Model Sebagai Prediktor Delisting”. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Metro.

Harahap,Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Harahap, Syafri. 2010. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasan, I. 2000. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Interensif). Jakarta: Bumi Aksara.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP-YKPN.

Margono. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, Mey dan Setiawati. 2017. Analisis Metode Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski untuk Memprediksi Financial Distress Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015. Skripsi. Universitas Lampung.

Yoseph, Peter. 2011. “Analisis Kebangkrutan dengan Metode Z-score Altman, Springate, Zmijewski pada PT. INDOFOOD Sukses Makmur Tbk periode 2005-2009”. Jurnal. Universitas Kristen Maranatha.

Platt, Harlan D dan Platt, Marjorie B. 2002. “Predicting Corporate Financial Distress: Reflections on Choice-Based Sample Bias”. Journal. Northeastern University.

Analisis Financial Distress ..... (Laksita Nirmalasari) 60

Prabowo, Reza dan Wibowo. 2015. “Analisis Altman Z-Score, Zmijewski, dan Springate dalam Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan Delisting Di BEI Periode 2008 – 2013. Jurnal. Politeknik Negeri Jakarta.

Pramuditya, Yudha. 2014. Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kemungkinan Perusahaan Mengalami Kondisi Financial Distress (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Jurnal. Universitas Diponegoro.

Prihanthini, Dwi, Ni Made Evi dan Ratna Sari, Maria M. 2013. “Prediksi Kebangkrutan Grover, Altman, Z-Score, Springate, dan Zmijewski Pada Perusahaan Food and Beverage Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal. Universitas Udayana.

Purnajaya dan Merkusiwati. 2014. “Analisis Komparasi Potensi Kebangkrutan Dengan Metode Z-score Altman, Springate, dan Zmijewski pada Industri Kosmetik yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal. Universitas Udayana.

Rahayu, Fitriani, Suwendra, I Wayan, dan Ni, Yulisanthini. 2016. Analisis Financial Distress dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski Pada Perusahaan Telekomunikasi. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ramadhani, Suci, dan Lukviarman. 2009. “Perbandingan Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Pertama, Altman Revisi, dan Altman Modifikasi dengan Ukuran dan Umur Perusahaan Sebagai Variabel Penjelas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”. Jurnal. Universitas Islam Indonesia.

Wibisono, Rizky Teguh dan Nur DP, Emrinaldi, Julita. 2014. “Analisis Tingkat Kebangkrutan Model Altman, Foster dan Springate pada Perusahaan Property and Real Estate Go Public di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal. Universtitas Riau Pekanbaru.

R.M.A. van der Schaar. 2015. “Analisis Pasar property di Indonesia”. www.indonesia-investments.com. Diakses pada 25 September 2017.

Rudianto, 2013. Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sari, Enny Wahyu Puspita. 2014. Penggunaan Model Zmijewski, Springate, Altman Z-Score dan Grover dalam Memprediksi Kepailitan pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Vickers, Frank. 2005. The Dynamic Small Business Manager. North Carolina: Lulu Press

Theresia, Vita Kumalasari,. 2010. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Food and Beverage yang Go Public di BEI 2005- 2008. Jurnal. Universitas Pembangunan Nasional.

Widarjo, Wahyu dan Setiawan, Doddy, 2009. “Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kondisi Financial Distress Perusahaan Otomotif”. Jurnal. Universitas Sebelas Maret.

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Edisi 1 Tahun 2018

Yuliastary, dan Wirakusuma. 2014. “Analisis Financial Distress Dengan Menggunakan Z-Score Altman, Springate, Zmijewski”. Jurnal. Universitas Udayana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.