ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM KONVENSIONAL DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Deby Oktavia Mentari Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi bank umum konvensional di Indonesia berdasarkan ukuran bank yang dilihat dari total aset. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian meliputi Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode pengamatan tahun 2011-2015. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel penelitian diperoleh 30 bank. Metode analisis data yang digunakan data envelopment analysis (DEA) dengan pendekatan intermediasi. Variabel input yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpanan, aktiva tetap dan biaya tenaga kerja, sedangkan variabel outputnya adalah total kredit dan pendapatan operasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bank beraset besar lebih efisien daripada bank beraset menengah dan bank beraset kecil. Dari 30 bank yang menjadi sampel penelitian, hanya terdapat 4 bank yang selalu mencapai efisiensi teknik 100 persen selama tahun 2011-2015, terdiri dari 2 bank beraset besar dan 2 bank beraset kecil yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Danamon Indonesia untuk bank beraset besar, Bank Nusantara Parahyangan dan Bank of India Indonesia untuk bank beraset kecil.


Kata Kunci: Efisiensi, Data Envelopment Analysis, Bank Umum Konvensional, Pendekatan Intermediasi.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. (2007). Kinerja Efisiensi pada Bank Umum. Paper dalam Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek dan Sipil). Auditorium Kampus Gunadarma, Jakarta.

Bastian, Afnan. (2009). Analisis Perbedaan Asset dan Efisiensi Bank Syariah di Indonesia Periode Sebelum dan Selama Program Akselerasi Pengembangan Perbankan Syariah 2007-2008 Aplikasi Metode DEA (Studi Kasus 10 Bank Syariah di Indonesia). Skripsi, tidak dipublikasikan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Berger, Allen N. dan Mester, L.J. (1997). Inside the black box: What Explainsdifferences in the efficiency of financialinstitutions, Journal of Banking and Finance.

Bursa Efek Indonesia. (2011). Laporan Keuangan dan Tahunan. Diakses dari www.idx.co.id.

Bursa Efek Indonesia. (2012). Laporan Keuangan dan Tahunan. Diakses dari www.idx.co.id.

Bursa Efek Indonesia. (2013). Laporan Keuangan dan Tahunan. Diakses dari www.idx.co.id.

Bursa Efek Indonesia. (2014). Laporan Keuangan dan Tahunan. Diakses dari www.idx.co.id.

Bursa Efek Indonesia. (2015). Laporan Keuangan dan Tahunan. Diakses dari www.idx.co.id.

Fathony, Moch. (2013). Analisis Efisiensi Perbankan Nasional Berdasarkan Ukuran Bank: Pendekatan Data Envelopment Analysis. Finance and Banking Journal.

Hadad, Muliaman D., et al. (2003). Analisis Efisiensi Industri Perbankan Indonesia: Penggunaan Metode Non-parametrik Data Envelopment Analysis (DEA), Biro Stabilitas Sistem Keuangan Bank Indonesia, Research Paper.

Muharam, Harjum dan Pusvitasari. (2007). Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Syariah di Indonesia dengan Metode Data Envelopment Analysis. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Weill, L. (2003). Banking efficiency in transitioneconomies: The role of foreign ownership. Journal Economics of Transition.

www.bi.go.id/id/perbankan/ikhtisar/lembaga/Contents/Default.aspx diakses pada 3 Agustus 2017 pukul 17.00 WIB

www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/indonesia/pages/spi_1210.aspx diakses pada 3 Agustus 2017 pukul 17.05 WIB

www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/indonesia/pages/spi_1211.aspx diakses pada 3 Agustus 2017 pukul 17.10 WIB

www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/indonesia/pages/spi_1212.aspx diakses pada 3 Agustus 2017 pukul 17.15 WIB

www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/indonesia/pages/spi_1213.aspx diakses pada 3 Agustus 2017 pukul 17.20 WIB

www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/indonesia/pages/spi_1214.aspx diakses pada 3 Agustus 2017 pukul 17.25 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.