PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Reineka Chairun Nisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia  tahun 2010 - 2014. Desain penelitian ini bersifat asosiatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keputusan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Keputusan Pendanaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Kebijakan Dividen tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi dependen sebesar 67,3%, sedangkan sisanya sebesar 32,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Kata kunci: Nilai Perusahaan, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen


Full Text:

PDF

References


Ansori, Mokhamat dan H. N. Denica. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index Studi pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis Manajemen. ISSN: 1411-1799, Vol. 4, No. 2.

Bernadi, K., Jemmi. (2007). Analisis Pengaruh Cashflow dan Kebijakan Pecking Order terhadap Leverage dan Investasi serta Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan-perusahaan Sektor Manufaktur). Disertasi. Universitas Brawijaya.

Brigham, E. F., and J.F.Houston.(2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi ke-11. Jakarta: Salemba Empat.

Djumahir. (2005). Pengaruh Variabel-variabel Tax Shield dan Non-Tax Shield terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Evana, Einde. (2009). Analisis Hubungan Investment Opportunity Set (IOS) Berdasarkan Nilai Pasar dan Nilai Buku dengan Realisasi Pertumbuhan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 14, No. 2.

Fama, Eugene F. dan French, Kenneth R. (1998). Taxes Financing Decisions, and Firm Value. The Journal of Finance. Vol. LIII, No. 3.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasnawati, S. (2005). Dampak Set Peluang Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia.

Hidayat, Riskin. (2010). Keputusan Investasi dan Financial Constraints. Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.

Himawan, Ria Purnamaputri. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Surabaya: Jurusan Akuntansi Universitas Widya Mandala.

Husnan, Suad. (2006). Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Keown. et al. (2004). Manajemen Keuangan: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Edisi 9, Indeks. Jakarta.

Kumar, S., Anjum, B., dan Nayyar, S. (2012). Financing Decisions: Studi of Pharmaceutical Companies of India. International Journal of Marketing Financial Services and Management Research.

Ningrum, Nurika Samti Febriana. (2006). Analisis Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di BEI. Tesis : Program Magister Manajemen STIE STIKUBANK Semarang.

Norpratiwi, M.V. Agustina. (2004). Analisis Korelasi Investment Opportunity Set terhadap Return Saham. Journal of STIE YKPN Yogyakarta.

Prapaska, J.R., (2012). Analisis Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2009-2010. Tesis (Undergraduate). Semarang: Jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro.

Santoso. (2006). Menggunakan SPSS untuk Statistik Non Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sartini, Luh Putu Novita dan Ida Bagus Anom Purbawangsa. (2014). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Divien, serta Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 8, No. 2.

Smart, S.B., and Megginson, Gitman. (2004). Corporate Finance. Ohio: South-Western,

Sofyaningsih, Sri dan Hardiningsih, Pancawati. (2011). Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol. 3, No. 1.

Sujoko dan Soebiantoro, U., (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 9, 47.

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen, dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal. ISSN 2252-6765.

Tandenlilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi I. BPFE Yogyakarta.

Taswan. (2003). Analisis Pengaruh Insider Ownership, Kebijakan Hutang dan Dividen terhadap Nilai Perusahaan serta Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 10, No. 2.

Weston, Fred J. dan Brigham, F Eugene. (1989). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Wijaya, L.R.H., Bandi, dan A. Wibawa. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Makalah, disajikan dalam Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.