ANALISIS BRANDING SENIMAN KONTEMPORER DALAM ART FAIR-ARTJOG 2015

Maulana Ilham Al-Anshory

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai branding seniman kontemporer dalam Art Fair-ArtJog 2015 di Yogyakarta. Penelitian mengkaji brand equity berbasis brand management yang meliputi berbagai elemen seperti brand awareness, perceived quality, brand association dan brand loyalty.Teknik pengambilan subjek penelitian adalah purposive sampling, dengan kriteria: 1) Seniman kontemporer; 2) Menjual karya; 3) Peserta pameran ArtJog. Kriteria informan utama yang dipilih sebanyak empat orang yang berlatar belakang genre terkait seni rupa, seperti seniman lukis dan patung, seniman instalasi (kolase), seniman fotografi dan seniman ‘performance art’. Narasumber pendukung sebanyak dua orang guna mengetahui informasi dalam konteks ArtJog dan pasar seni rupa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, serta teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode perbandingan tetap atau constant comparative method. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: ArtJog menjadi medium branding seniman, keikutsertaan ArtJog berfungsi sebagai ruang promosi, meniti karir kesenimanan, menjual karya, mendapatkan commission work dan mempresentasikan proyek-proyek seni. Kesadaran merek, bagi seniman merupakan kesadaran akan tema dan nilai-nilai yang termuat dalam karya-karyanya, seringkali dinamis, mereka lebih mengandalkan naluri, kendati pun tak masuk akal, kadangkala ekstrim seluruh ciptaannya bukan saja diterima tetapi dengan rendah hati dipelajari. Asosiasi merek tidak harus menciptakan kesan positif, sebab produk seni dan sikap seniman banyak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku. Persepsi kualitas yang dibangun para seniman lebih menekankan daya produktivitasnya, semakin produktif akan berpeluang menghasilkan karya berkualitas.

 

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Brand Equity, Seniman Kontemporer, ArtJog


Full Text:

PDF

References


Aaker, David. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

http://gumilarganjar.wordpress.com/2013/01/26/sedikit-tinjauan-lagi-terhadap-pasar-seni-rupa-indonesia/, diakses pada tanggal 22 Maret 2016, pukul 22.30 WIB.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Rangkuti, Freddy. 2009. The Power Of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyanto, Enin. 2010. Indonesian Art Now: The Strategies of Being, Yogyakarta: ArtJog.

Thompson, Donald N. 2008. The $12 Million Stuffed Shark: The Curious Economics of Contemporary Art. New York: Palgrave Macmillan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.