ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SETELAH MERGER DAN AKUISISI

Linda Finansia

Abstract


            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak merger dan akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan  yang  terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2010-2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif komparatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sample t-test. Hasil pengujian untuk current ratio,  fixed assets turnover, debt to total assets ratio, net profit margin dan return on assets pada 1 dan 2 tahun sesudah merger dan akuisisi memiliki nilai Asymp.Sig (2-tailed) lebih besar dibandingkan nilai signifikansi yang ditetapkan α=0,05 (> 0,05). Hal ini berarti tidak terdapat perbedaan signifikan pada CR, FATO, DTAR, NPM, dan ROA. Total asset turnover pada 1 tahun dan 2 tahun sesudah merger dan akuisisi memiliki nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,013 dan 0,006 lebih kecil daripada 0,05 (<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada total asset turnover pada 1 dan 2 tahun setelah perusahaan melakukan merger dan akusisi.

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Merger, Akusisi, Rasio Keuangan

Full Text:

PDF

References


Andreas, Lako. (2004). Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi Isu Teori dan Solusi. Yogyakarta: Amara Book

Azizudin, Agis. (2003). Analisis Pengaruh Merger dan akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan.Yogyakarta: Gajah Mada.

Brigham, Eugene F. & Houston, Joel F. (2001). Fundamentals of Financial Management (Manajemen Keuangan). Jilid 1. Edisi 8. Penerjemah: Dodo Suharto dan Herman Wibowo. Jakarta: Erlangga.

Dyaksa, Widyaputra. (2006). Analisis perbandingan kinerja perusahaan dan abnormal return saham sebelum dan sesudah merger dan akuisisi (Di bursa efek Jakarta periode 1998-2004). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 1. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi M., Muhammad dan Abdul Halim. (2003). Analisis Laporan Keuangan. Edisi kedua, Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Harianto & Sudomo. (2001). Perangkat dan Analisis Investasi di Pasar Modal Indonesia. Jakarta: PT. Bursa Efek Indonesia.

Harjito, D., Agus & Zunaidah, Sulong. (2006). The Effect of Merger and Acquisition Announcements on Stock Price Behaviour and Financial Performance Changes: A Case of Banks in Malaysia. Jurnal Sinergi. 8(I). Hlm. 1-12.

Hitt, A., Michael. (2002). Merger dan Akuisisi: Panduan Meraih Laba Bagi Para Pemegang Saham. Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Indriantoro, N. & Supomo, B. (2004). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Moin, Abdul. (2003). Merger, Akuisisi dan Divestasi. Jilid 1. Yogyakarta: Ekonisia.

Nurdin, D. (1996). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi Pada Perusahaan Go Publik di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis. Vol 1.

Payamta & Setiawan, Doddy. (2004). Analisis Pengaruh Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol 3.

Riyanto, Bambang. (1998). Dasar–dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Ruddy, Koesnadi. (1991). Unsur-Unsur dalam Merger dan Akuisisi di Indonesia. Jakarta: Usahawan.

Suad, Husnan. (2001). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Sartono, Agus. (2004). Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Setyasih, Nuraeni. (2009). Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan Manufaktur Sesudah Merger dan Akuisisi. Jurnal

Sinergi. Vol.1

Silalahi, Ulber. (2005). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Sudarsanam. (1999). The Essence of Mergers and Acquisitions. Jilid 1. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Usadha, I Putu Adnyana dan Yasa, Gerianta Wirawan. (2009). Analisis Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi Sebelum dan Sesudah Marger Akuisisi di BEI. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol.4 No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.