ANALISIS PENGARUH KURS SPOT DAN ESTIMASI KURS FORWARD TERHADAP FUTURE SPOT

Gini Anindita

Abstract


ABSTRAK

      Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kurs Spot dan Estimasi Kurs Forward terhadap Future Spot. Objek dalam penelitian ini adalah Kurs Spot dan Estimasi Kurs Forward Triwulan I tahun 2015 serta Future Spot Triwulan II tahun 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, Kurs Spot berpengaruh positif dan signifikan terhadap Future Spot, Estimasi Kurs Forward berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Future Spot, serta secara simultan Kurs Spot dan Estimasi Kurs Forward berpengaruh terhadap Future Spot.

 

Kata kunci: Kurs Spot, Estimasi Kurs Forward, dan Future Spot


Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. (2013). Foreign Exchange Reference Rates. Diakses pada 22 September 2016. http://www.bi.go.id/en/moneter/inform

asi-kurs/ referensi-jisdor/Default. aspx.

Bank Indonesia. (2013). Data Historis JIBOR. Diakses pada 22 September 2016. http://www.bi.go.id/en/moneter/jibor/data-his toris/Default. aspx.

Chiang, Thomas C. (1988). The Rorward Rate as a Predictor of the Future Spot Rate-A Stochastic Coefficient Approach. Journal of Money, Credit, and Banking. Volume 20 Issue 2, 212-232.

Dewi, I Gusti Ayu Kenchana. (2007). Analisis Pengaruh Kurs Spot dan Kurs Forward (Euro, Dollar Amerika, Yen dan Dolar Asutralia) dalam Memprediksi Future Spot (Studi Empiris Kurs Spot dan Kurs Forward Triwulan I dan Future Spot Triwulan II Tahun 2007). Tesis. Semarang: PPS Diponegoro.

Faisal, M.. (2001). Manajemen Keuangan Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. (2006). Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Undip.

Hady, Hamdy. (2009). Ekonomi Internasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Madura, Jeff. (2006). International Corporate Financial. Edisi ke 8. Jakarta: Salemba Empat.

Samuelson, P.A. dan Nordhaus, W.D.. (1985). Economics. Edisi ke 12. New York: Mc Graw Hill.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman. (2004). Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sutapa, I Nengah Andri dan Artini, Luh Gede Sri. (2013). Prediksi Kurs Spot dan Kurs Forward terhadap Kurs Future Spot sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Hedging pada PT. S. C. Enterprises di Kuta Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 02 No. 01.

Yanthi, I Gusti Ayu Kade Diana dan Artini, Luh Gede Sri. (2013). Pengaruh Kurs Spot dan Kurs Forward dalam Memprediksi Future Spot pada Pasar Valas Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol. 7, 76 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.