APLIKASI AUGMENTED REALITY BATIK 3D DENGAN RAGAM HIAS GEOMETRIS

Iin Rani Susanti Iin Rani Susanti, Bambang Sumarno H. M. Bambang Sumarno H. M.

Abstract


Salah satu kebudayaan Indonesia yang bersaing dengan arus globalisasi adalah batik. Besarnya
kunjungan wisatawan ke Indonesia dapat menjadi peluang untuk mengenalkan batik sekaligus
melakukan edukasi pada wisatawan tentang motif batik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana pembuatan aplikasi Augmented Reality khususnya batik dengan ragam hias geometris dan
memvisualisasikan motif tersebut dalam bentuk 3D. Aplikasi ini berupa prototype yang dibuat
menggunakan metode marker based tracking dengan Unity 3D sebagai pembangunnya. Marker berupa
potongan gambar motif batik Ceplok, Kawung, Nitik dan Parang yang dibuat dalam bentuk buku saku.
Objek 3D yang ditampilkan berupa motif batik dalam bentuk kerangka dan pejal. Objek dapat dilihat
dari berbagai sudut dengan cara memutar objek ke atas-bawah maupun ke kanan-kiri. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan Usability (3,55)
termasuk kriteria sangat baik, Correctness (3,18) dan Reliability (3,25) termasuk kriteria baik,
Efficiency (2,82) dan Portability (2,93) termasuk kriteria cukup baik. Pola 3D yang terdapat pada
aplikasi memiliki tingkat kemiripan yang baik ditunjukkan dengan motif Kawung (3,8), Nitik(3,8),
Parang(3,33) termasuk dalam kriteria sangat baik, motif Ceplok(3,13) termasuk kriteria baik. Sudut
pandang yang menarik serta mudah dikenali adalah dengan merotasi objek terhadap sumbu z 45o dan
terhadap sumbu y 30o , z 45o.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.