PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR KNOW YOURSELF UNTUK MENGANALISA KEPRIBADIAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER

Dwi Putri Erlinda Saraswati Dwi Putri Erlinda Saraswati, Kuswari Hernawati Kuswari Hernawati

Abstract


Kepribadian dapat dijadikan sebagai salah satu faktor pembantu dalam menentukan bidang yang diminati,
khususnya bagi siswa sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Untuk dapat memahami
kepribadiannya, siswa dapat melakukan tes kepribadian. Namun kurangnya pemahaman siswa tentang tes
kepribadian dan perasaan malu untuk berkonsultasi kepada orang lain terkadang menjadi kendala bagi siswa
sehingga dibutuhkan sistem pakar untuk menganalisa kepribadian siswa sekolah. Metode yang digunakan dalam
Sistem Pakar Know Yourself (KYS) ini adalah metode Dempster-Shafer untuk menyelesaikan permasalahan
ketidakpastian sistem pakar dan menentukan kecenderungan kepribadian. Berdasarkan pengujian diperoleh hasil
bahwa Functionality (4,3663), Reliability (4,2136), Usability (4,1973), Efficiency (4,6705), Maintainability (5), dan
Portability (4,2273) termasuk dalam kriteria sangat baik artinya Sistem Pakar KYS memenuhi kebutuhan
pengguna, menampilkan informasi sesuai dengan masukan yang dimasukkan oleh pengguna dengan tepat, memiliki
respon yang cepat, tampilan sistem pakar menarik dan mudah digunakan, mudah untuk dimodifikasi serta dapat
diakses melalui web browser yang berbeda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.