ALGORITMA GENETIKA PADA PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (Optimasi Rute Pendistribusian Aqua Galon PT. Tirta Investama)

Adam Arif Dirgantara Adam Arif Dirgantara, fitriana Yuli Saptaningtyas fitriana Yuli Saptaningtyas, Nur Hadi Waryanto Nur Hadi Waryanto

Abstract


"> Capacitated Vechile Routing Problem (CVRP) merupakan permasalahan optimasi rute pendistribusian dengan kendala setiap kendaraan memiliki kapasitas. Permasalahan CVRP dimodelkan agar diselesaikan dengan algoritma genetika. Masalah CVRP yang akan dibahas adalah menentukan rute pendistribusian Aqua galon PT. Tirta Investama agar diperoleh rute pendistribusian terbaik atau meminimumkan total jarak tempuh semua kendaraan. Pemodelan kasus pendistribusian kedalam CVRP dengan bentuk graf dan pertidaksamaan linear. Proses algoritma genetik dimulai dengan membangkitkan populasi awal kemudian dihitung nilai fitness setiap individunya. Individu pada populasi diseleksi untuk menjadi induk dengan metode rank – based selection, dan dilakukan crosssover dengan metode order crossover. Generasi baru hasil crossover dikenai proses mutasi dengan metode swapping mutation. Proses terakhir yaitu menyusun populasi baru dan mengulangi proses seleksi, crossover, dan mutasi sampai dengan jumlah iterasi yang diinginkan. Rute optimum dengan total jarak rute pendistribusian Aqua galon PT. Tirta Investama diperoleh jarak sejauh 150,9 Km. Hasil ini diperoleh dengan menggunakan 20 individu pada populasi dan 10.000 iterasi sehingga menghasilkan nilai fitness sebesar 0,006628.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.