ANALISA SISTEM ANTRIAN M/M/1/N DENGAN RETENSI PELANGGAN YANG MEMBATALKAN ANTRIAN

Ayi Umar Nawawi, Nikenasih Binatari

Abstract


Pelanggan  dalam  antrian suatu  sistem  antrian  dibagi  menjadi  dua  yaitu  pelanggan  sabar  dan  tidak
sabar. Salah satu tipe perilaku pelanggan tidak sabar yang sering ditemui dalam antrian adalah pelanggan
yang membatalkan antrian. Sistem antrian yang dibahas pada penelitian ini adalah sistem antrian M/M/1/N
dengan memperhatikan pelanggan yang membatalkan antrian. Pelanggan yang membatalkan antrian adalah
pelanggan  yang  keluar dari  antrian setelah  menunggu  beberapa  saat  dalam  antrian.  Berdasarkan  analisa,
diperoleh  formula  probabilitas  dan  ukuran-ukuran  keefektifan  sistem  yang  diimplementasikan  ke  dalam
contoh  kasus  antrian di  sebuah  sarana  jasa  pembersihan  mobil dengan  laju  kedatangan  2  mobil/jam,  laju
pelayanan 3 mobil/jam, kapasitas sistem sebanyak 10 mobil, peluang pelanggan bertahan dalam antrian 0.6
dan reneging  time-nya  0.1  jam.  Diperoleh kesimpulan  bahwa  ukuran-ukuran  keefektifan  sistem  antrian
M/M/1/N dengan  memperhatikan  pelanggan  yang membatalkan  antrian  lebih  rendah  jika  dibandingkan
dengan ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian M/M/1/N sederhana.
Kata kunci : antrian, pelanggan yang keluar dari antrian, ukuran keefektifan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.