PENERAPAN FUZZY LOGIC PADA METODE VOLUMETRIC UNTUK MENGHITUNG CADANGAN HIDROKARBON PEMBORAN MINYAK SUATU LAPANGAN

Hidayah Nurul Hasanah Zen, Agus Maman Abadi

Abstract


Cadangan hidrokarbon adalah akumulasi hidrokarbon yang telah dibuktikan keberadaannya dengan pemboran eksplorasi atau volume hidrokarbon di dalam reservoir yang telah ditemukan. Volume hidrokarbon yang semula terakumulasi di dalam reservoir disebut volume hidrokarbon awal di tempat atau Original Oil in Place (OOIP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penerapan fuzzy logic pada metode volumetric dalam menghitung cadangan hidrokarbon pemboran minyak Sumur X suatu lapangan yang divisualisasi dengan Graphical User Interface (GUI) dan mengetahui keakuratan perhitungannya. Penelitian ini menggunakan model fuzzy Sugeno orde nol dengan empat variabel input, yaitu volume bulk, saturasi hidrokarbon, porositas batuan, dan BOI serta satu variabel output, yaitu OOIP yang berupa konstanta. Tahapan yang dilakukan adalah fuzzifikasi, operasi fuzzy logic, implikasi dengan fungsi min, agregasi dengan fungsi max, dan defuzzifikasi dengan menghitung nilai rata-rata singleton sehingga output-nya berupa weighted average. Model fuzzy kemudian divisualisasi dengan GUI. Keakuratan model fuzzy pada data latih sebesar 91,73% dengan MAPE sebesar 8,27%.  
Kata kunci: fuzzy logic, metode volumetric, Graphical User Interface, cadangan hidrokarbon, Original Oil in Place, Sugeno orde nol

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.