Analisis Sistem Antrean pada Loket Pengambilan Obat Pasien Puskesmas Seyegan menggunakan Model Antrean Single Channel Single Phase

Nourma Prima Sari, Muhammad Fauzan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan waktu yang dibutuhkan setiap pasien untuk mendapatkan pelayanan pada loket pengambilan obat di Puskesmas Seyegan, dan (2) mendeskripsikan tingkat keoptimalan sistem pelayanan pada loket pengambilan obat di Puskesmas Seyegan. Metode yang digunakan yaitu metode analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Seyegan selama sembilan hari pada bulan Maret . Data didapatkan dengan cara pengamatan secara langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) waktu yang dibutuhkan setiap pasien untuk mendapatkan pelayanan pada loket pengambilan obat di Puskesmas Seyegan rata-rata 36 menit setiap pasien, kemudian terjadi penumpukan antrean dikarenakan laju kedatangan lebih besar daripada laju pelayanan.  (2) Sistem pelayanan yang sedang berjalan di Puskesmas Seyegan belum optimal dikarenakan waktu yang dihabiskan pasien untuk menunggu mendapatkan obat cukup lama yakni lebih dari tigapuluh menit agar mendapatkan obat.

Kata kunci: Sistem Antrean, Single Channel Single Phase, Loket Pengambilan Obat, Puskesmas.


References


Gross, D. & Harris, C. M. (2008). Fundamentals of queueing theory (4th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Hillier F. S. & Lieberman G. J. (2001). Introduction to operations research (7th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Kakiay, T. J. (2004). Dasar teori antrian untuk kehidupan nyata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nasrum, A. (2018). Uji normalitas data untuk penelitian. Jayapangus Press Books, i-117.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan. 28 Oktober 2019.

Robertazzi, T. G. (1994). Computer networks and systems queueing theory and performance evaluation (2nd ed.). New York: Springer-Verlag New York, Inc.

SPSS, S. S. B. L. (2000). Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Taha, H. A. (2007). Operations research an introduction (8th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.