MODEL BOUNDED VARIABLES LINEAR PROGRAMMING UNTUK OPTIMASI PRODUKSI ROTI DI UMKM PENGOLAHAN ROTI

Hanik Sri Rahayu, Caturiyati Caturiyati

Abstract


Optimasi perencanaan produksi adalah upaya untuk memperoleh hasil yang terbaik bagi suatu perusahaan. Selama ini UMKM hanya memproduksi roti manis berdasarkan permintaan konsumen yang tidak menentu sehingga tujuan memaksimalkan keuntungan belum optimal. Perusahaan membutuhkan perencanaan produksi yang lebih baik untuk memenuhi permintaan konsumen secara optimal dengan mempertimbangkan biaya produksi, bahan baku dan waktu produksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan model bounded variables linear progamming (BVLP) dengan tujuan memaksimalkan keuntungan perusahaan dengan batasan ketersediaan sumber daya yang ada. Model BVLP adalah program linear di mana variabel-variabel keputusan yang digunakan memiliki batas atas dan batas bawah tertentu. Dalam penelitian ini, terdapat tambahan batasan terikat yaitu permintaan produksi minimum dan maksimum sebagai batas bawah dan batas atas terhadap variabel keputusan. Model BVLP diselesaikan dengan metode bounded variables simplex yang merupakan modifikasi dari metode simpleks standar. Dari hasil penelitian, UMKM memperoleh keuntungan sebesar Rp 401.510,88 dengan memproduksi 480 roti semir, 240 roti coklat, 160 roti tela madu , 400 roti kelapa, 144 roti piscok berukuran kecil serta 220 roti semir, 15 roti coklat, 63 roti tela madu, 60 roti kelapa, dan 240 roti piscok berukuran besar.

Kata kunci: optimasi, perencanaan produksi, bounded variables linear programming, bounded variables simplex


Full Text:

PDF

References


Al-shammari, D. H. A. (2019). Determine The Optimal Production Plan For Economic Resources Using Bounded Variables Decision Making. International Journal of Research in Social Sciences and Humanities, (9), 2454–4671.

Bazaraa, M. S., Jarvis, J. J., & Sherali, H. D. (2010). Linear Programming and Network Flows. USA: A John Wiley & Sons.

Bhunia, A. K., Sahoo, L., & Shaikh, A. A. (2019). Advanced Optimization and Operations Research. Springer Optimization and Its Applications (Vol. 153).

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. (n.d.). Statistik UMKM. satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id. Retrieved April 3, 2023, from https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/statistik/umkm

Ramayani, R. F. (2021). Analisis Pendapatan Usaha Industri Rumah Tangga Roti Mini Bakery Di Kota Palembang. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 160–177.

Santika, E. F. (2022). Jumlah UMKM di Indonesia Sepanjang 2022, Provinsi Mana Terbanyak? databoks.katadata.co.id. Retrieved April 3, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/02/jumlah-umkm-di-indonesia-sepanjang-2022-provinsi-mana-terbanyak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.