OPTIMALISASI PROGRAM BANK SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT MENGGUNAKAN PEMODELAN PROGRAM LINEAR

Marwah Dewi Sapitri, Hartono Hartono

Abstract


Berdasarkan pernyataan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dari jumlah bank sampah di Kota Yogyakarta hanya mampu mengurangi sebesar 2% total sampah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model program linear yang optimal pada program bank sampah Kota Yogyakarta dan memaparkan analisis sensitivitas hasil optimal model program linear dari program bank sampah Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian secara terapan dan teori dengan metode program linear sebagai solusi penyelesaian. Penyelesaian model program linear dibantu menggunakan program LINGO 18.0 selanjutnya dianalisis dengan uji sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah sampah maksimal yang diolah bank sampah sebanyak 7.272,447 kg per hari dari total 481 bank sampah yang meliputi jenis sampah plastik, kertas, logam, dan kaca dengan efesiensi sampah terolah mencapai 12% untuk seluruh bank. Berdasarkan hasil uji sensitivitas, jika terjadi penaikan atau penurunan pada penjualan sampah plastik, kertas, dan kaca serta pendapatan keuntungan dengan tidak melewati nilai batas, baik batas maksimal atau minimal maka tidak mengubah kuantitas sampah yang terkumpul di bank sampah. Sedangkan, pada kendala penyetoran, sampah tereduksi, dan penjualan sampah logam hanya terdapat batas minimal sehingga belum perlu menambahkan sampah yang akan disetorkan, direduksi, dan sampah logam yang dijual melewati batas minimal.

Kata kunci: bank sampah, pengurangan sampah, program linear, LINGO, analisis sensitivitas.

Full Text:

PDF

References


Abdillah. (2013). Program Linear. Makassar: Dua Satu Press.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. (2019). Data Bank Sampah Kota Yogyakarta Tahun 2019. Yogyakarta: Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. (2020). Data Bank Sampah Kota Yogyakarta Tahun 2020. Yogyakarta: Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Indrianti, N. (2016). Community-based Solid Waste Bank Model for Sustainable Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 224, 158-166.

Mulyono, S. (2016). Riset Operasi Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rusqiyati, E. A. (18 Februari 2021). DLH Sebut 20 Persen Bank Sampah di Yogyakarta Belum Optimal. (A. Jauhary, Penyunting) Diambil pada 12 Januari 2022, dari https://www.antaranews.com/.

Tim Publikasi Katadata. (10 Desember 2019). Menuju Indonesia Peduli Sampah. Diambil pada 17 Desember 2020, dari https://katadata.co.id/.

Widyaningrum, G. L. (23 Agustus 2020). Bank Sampah Berperan Dalam Menangani Sampah Plastik, Bagaimana Memaksimalkannya? Diambil pada 27 April 2021, dari https://nationalgeographic.grid.id/

Winarso, H., & Larasati, A. (2011). Dari Sampah Menjadi Upah: Inovasi Pengolahan Sampah di Tingkat Akar Rumput Kasus Program Bank Sampah "Sendu" di Kelurahan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 18 (1), 43-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.