ANALISIS JARINGAN KERJA (NETWORK) PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH DUA LANTAI DENGAN METODE CPM

Dian Qurotul Aini, Caturiyati Caturiyati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui lintasan kritis, durasi optimal yang diperlukan pada proyek pembangunan rumah dua lantai di Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan model jaringan kerja serta menggunakan Critical Path Method (CPM). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil wawancara dengan pelaksana proyek. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam jalur kritis, yaitu kegiatan A, B, C, E, H, I, J, P, S, T, U, X, AB, AC, AE, AF, AG, AH, AI, AJ, AK, AL AM, AN, AR, AX, BC, dan BE. Durasi optimal yang diperlukan dalam melaksanakan proyek dengan menggunakan metode CPM adalah 162 hari.

Kata kunci: proyek, lintasan kritis, CPM.


Full Text:

PDF

References


Anderson, D. R., Sweeney, D. J., Williams, T. A., Camm, J. D., & Martin, K. (2012). An Introduction to Management Science Queantitative Approaches to Decision Making. USA: SOUTH WESTERN CENGAGE Learning.

Asra, A., & Rudiyansyah. (2017). Statistika Terapan untuk Membuat Kebijakan dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: IN MEDIA.

Badri, S. (1991). Dasar Dasar Network Planning (Dasar Perencanaan Jaringan Kerja). Yogyakarta: RINEKA CIPTA.

Banjarnahor, W. W., & Pristiwanto. (2018, Januari). Analisis Pelaksanaan Proyek Perumahan denga Metode CPM (Critical Path Method) dan PERT (Project Evaluation and Review Technique) (Studi Kasus Proyek Perumahan Citra Turi). Jurnal Pelita Informatika, VI, 363-368.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. (2004). Menteri Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi Republik Indonesia.

Meflinda, A., & Mahyarni. (2011). Operations Research (Riset Operasi). Pekanbaru: UR PRESS.

Ningrum, F. G., Hartono, W., & Sugiyarto. (2017). Penerapan Metode Crashing dalam Percepatan Durasi Proyek dengan Alternatif Penambahan Jam Lembur dan Sift Kerja. e journal Matriks Teknik Sipil, 583-591.

Oka, J., & Kartikasari, D. (2017). Evaluasi Manajemen Waktu Proyek Menggunakan Metode PERT dan CPM pada Pengerjaan 'Proyek Reparasi Crane Lampson' di PT Mcdermott Indonesia. Journal of Business Administration, 28-36.

Rofiq, M. F., Puspita, I. A., & Akbar, M. D. (2020). Perancangan Jadwal Proyek Untuk Percepatan Penyelesaian Proyek Fiber to the Home Menggunakan Metode PERT-CPM dan Crashing. e-Proceeding of Engineering, 9507-9515.

Siang, J. J. (2014). Riset Operasi dalam Pendekatan Algoritmis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sitanggang, N., Simarmata, J., & Luthan, P. L. (2019). Pengantar Konsep Manajemen Proyek Untuk Teknik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Soeharto, I. (1999). Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional). Jakarta: Erlangga.

Trihudiyatmanto, M. (2018). Riset Operasional (Operation Research) & Penyelesaian menggunakan Software WinQSB. Pekalongan: NEM.

Yanita, R., Ningrum, I. F., & Mochtar, K. (2020). Manfaat Penerapan Metode AON (Activity on Node) untuk Penjadwalan Proyek Pembangunan Bertingkat Tinggi. IPTEK, 48-55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.